nhk

MotoGP 2014 Jelang Catalunya: Pedrosa vs Marquez, Ibarat Beda Sepatu Di Atas RC213V

 

ManiakMotor – Punya motor speknya sama, tapi kenapa Dani Pedrosa kalah mulu dari Marc Marquez? Mungkin sampeyan pun bertanya hal sama dan kini Pedrosa yang menjawabnya, langsung buat sampeyan masbro!

DP akui semua komponen RC213V miliknya persis milik Si Marquez. Tapi, performa si motor akan ditentukan orang-orang di sekitarnya seperti setingan dari mekanik berbeda, dan terutama oleh perlakuan yang tak sama dari pembalapnya sendiri.

Masing-masing joki juga memberi masukan berbeda untuk set-up dan itu bukan hanya soal riding style masing-masing. Namun, cermatnya joki melaporkan dan menutut motor yang pas dengannya. Di situ pula dituntut komunikasi antara pembalap dan mekanik. “Saya dan Marc punya gaya sendiri-sendiri. Saat ini gayanya memang sudah cocok dengan RC213V, sementara saya masih terkendala,” ucap Pedrosa yang dua seri lalu masih punya alasan soal tangannya yang dioperasi.

Dengan panjang lebar Pedrosa kemudian jelaskan bagaimana pabrikan membangun motor. Kemudian masing-masing joki berusaha membentuk ulang karakter mesin, rangka, suspensi sampai ergonomik jok yang nyaman. Nyaman itu sama dengan motor yang enak diperintah sesuai feeling menjejak jalur balap tanpa membuang waktu. Termasuk bisa diperintah saat duel, di mana racing line sudah tak beraturan.

Itu disebut setingan dari joki yang membedakan motor satu rider dengan rider lainnya. “Basis motor memang sama. Laju  motor itu sangat bergantung pada pengendaranya, jangan lupakan hal itu. Perumpamaan sederhananya begini, pelari yang pakai sepatu berbeda pasti beda lajunya meski ditangani oleh pelatih yang sama. Nah, saat ini saya belum dapatkan sepatu yang benar-benar pas,” imbuhnya.

Tak disebut juga, mekanik RC213V Marquez lebih leluasa menyetel, lantaran Marquez sejak sesi latihan sudah menggebernya di atas limit. Batas kinerja komponen segara bisa diset-up sesuai kemampuan komponen tersebut. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Catalunya: Hanya Rossi-Lorenzo Kawinkan Pole Dan Juara, Nanti???

MotoGP 2014 Jelang Catalunya: Marquez Tak Suka Karakter Sirkuit, Tetap Tantang Siapa Saja

MotoGP 2014 Jelang Catalunya: Marquez Uber Ke-7, Lorenzo Kejar Trek Lurus

MotoGP 2014 Catalunya (Jelang): Rossi Lelang Baju Eks Mugello Sang Dewa

 

 

BAGIKAN