nhk

MotoGP 2014 Jelang Catalunya: Target 6 Besar, Aleix Bergerilya ke Tim Pabrikan

ManiakMotor – Tujuan akhir para pembalap adalah berlabuh dalam tim pabrikan. Itu pula yang diidamkan Aleix Espargaro (Forward Yamaha) yang penuh sensasi di awal musim 2014 dengan motor dan tim Open Class. Elmu kira-kiranya, pakai motor kw2 saja banter, apalagi yang aslinya.

Pembalap Spanyol yang abangnya Pol Espargaro (Yamaha Tech3) itu, mengaku puas dengan kinerja dalam tim sekarang. Ia pun jadi pembalap terbaik Open Class, melengkapi prestasinya sebagai juara kelas CRT musim 2013. Tapi, ya begitulah, doi tetap membidik pabrikan pada 2015. Di antara para pembalap tim satelit dan Open Class, Aleix saat ini masuk pasar potensial untuk naik pangkat ke pabrikan.

Seperti tulisan sebelumnya, kunci pergerakan bursa pembalap musim depan ada di tangan Jorge Lorenzo. Andai ia batal ke Repsol Honda seperti rumor yang beredar, maka Dani Pedrosa pun kemungkinan kuat bertahan di HRC dan batal ke Suzuki (rumor juga Bro!).

Berarti potensi Aleix ada pada Suzuki dan Ducati. Itu pun akan tertutup kalau Andrea Dovizioso dan Cal Crutchlow memutuskan bertahan di Ducati.  Dovi habis kontrak akhir 2014. Cal dikontrak hingga 2015, tapi ada kaluasul yang membolehkannya pergi di akhir 2014 jika merasa tak enjoy di Ducati.

Nah, jika line up tim pabrikan saat ini tak berubah, kesempatan terbesar Aleix adalah Suzuki MotoGP Team yang tahun depan muncul dengan status full factory. “Saya tahu pintu transfer sangat terbuka dengan kembalinya Suzuki. Mereka ingin mengontrak pembalap papan atas dan itu terlihat dari klasemen pembalap musim ini. Tunggu saja siapa saja yang berda di sana,” papar Aleix.

Menurut sebagian pembaca maniakmotor.com justru cocoknya, Aleix menggantikan Valentino Rossi di Yamaha, bukan adiknya. Tapi bagi dia,  kesempatannya naik ke pabrikan lebih terbuka jika bisa menduduki posisi 6 Besar klasemen pembalap. “Jadi, hasrat saya saat ini adalah bertarung memperebutkan posisi 6 Besar agar punya opsi tahun depan.”

Ironisnya, yang harus ia permak di grup 6 Besar adalah adik sendiri. Pol ada di posisi 6 dengan poin 49, lima angka di atas Aleix yang urutan ke-7. Hm, bakal perang sodara neh! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Catalunya: Merasa Lebih Kuat, Lorenzo Bidik Kemenangan Perdana

MotoGP 2014 Jelang Catalunya: Tandang ke Kandang Musuh, Rossi Tetap Bergairah

MotoGP 2014 Jelang Catalunya: Rossi – Lorenzo Belum Jelas, Kontrak Pol Tambah Nggak Jelas

MotoGP 2014 Jelang Catalunya: Kata Doohan Marquez Vs Rossi, Macam Prabowo Vs Jokowi

 

BAGIKAN