nhk

MotoGP 2014 Jelang Indianapolis Amarika: Juara Ke-10 Marquez di Depan Mata, Sirkuit Mendukung

ManiakMotor – Teorinya sih Marc Marquez akan menggenapi kemenangannya kali ke-10 beruntun di Indianapolis, AS, akhir pekan ini. Jika apes, ya kalau apes, Dani Pedrosa yang bisa saja menghambatnya. Pendrosa juga bisa menggantikannya, karena Indianapolis itu sendiri.

Seperti Sachsenring, Indianapolis adalah trek berkarakter anticlockwise alias berlawanan arah jarum jam. Tikungan kirinya 10, belok kanannya 6. Bukan hanya itu, tikungannya berdekatan yang tradisinya santapan Honda. Termasuk sirkuit ‘pelan’ dengan hanya 4.17 km.  “Tapi, saya tetap harus kerja keras. Dani, Jorgedan Valentino adalah lawan-lawan berat dan mereka pasti berjuang meraih kemenangan,” ujar MM merendah seperti biasanya.

Cerita sirkuit lambat, penentunya keseimbangan motor. Kan kian pelan, justru motor tidak makin tidak seimbang. Maka harus diimbangi jokinya. Lalu cerita mesin, usai pelan dibutuhkan tenaga dadakan kuat yang lagi-lagi sampeyan juga tahu, RC213V dari posisi pelan enteng mencapai kecepatan diinginkan. Ya itu namanya akselerasi.

Belum lagi  Pedrosa yang kidal. Ia selalu bisa melibas tikungan kiri dengan lebih cepat dan rileksnya. Buktinya dua gelar juara di Indianapolis 2010 dan 2012 sebelum ada Marquez ia pegang. Tahun lalu, ia kedua dan tentu yang juara Marquez.

Panitia MotoGP bilang, Indianapolis sudah dibenahi dari omelan peserta tahun lalu yang lintasannya bergelombang. Hasilnya sirkuit malah lebih pendek 300 meter. Semakin pendek semakin mengepak sayap Honda, terbang dia!!  Wajar  Marquez  pede datang ke sirkuit yang aslinya oval dan tadinya khusus buat balapan IndyCar itu. Pedenya untuk naik podium juara. Namanya juara hanya satu, yang ke-2 dan ke-3 hanya pendamping di podium. Itu sama dengan gelar ke-10 buat MM.

Tapi namanya balapan sebelum bendera finish dikibarkan, masih akan ada saja yang terjadi. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Indianapolis Amerika; Crutchlow Ke LCR Honda Demi Sponsor Inggris

MotoGP 2014 Jelang Indianapolis Amerika: Lorenzo Aman, Aleix & Bradl Bersatu

MotoGP 2014: Ambisi Marquez Tampil Didua Kelas Moto2 Dan MotoGP Di Valencia

MotoGP 2014 Jelang Indianapolis Amerika: Duet Italiano di Tim Pabrikan Italia

BAGIKAN