nhk

MotoGP 2014 Jelang Indianapolis Amerika; Desain Mesin Ducati Akan Diubah Pada Sasis


 

 

ManiakMotor – Ducati sejak masuk MotoGP konsisten dengan desain mesin ‘L’, walau mereka sebut V. Para analis tekniks di dunia mencurigai, penyakit akut Ducati pada understeering sebabnya dari desain mesin jadi ciri khas Ducati itu. Distribusi bobot terlalu cepat pindah ke depan, sehingga membebani wilayah muka dan ujungnya sulit belok.

Kalimat terakhir di atas itu sih hanya elmu kira-kira dari portal ini. Memang logikanya begitu soal under yang artinya alias melebar, nggak mau masuk terlalu dalam menikung dalam kecepatan yang dikehendaki joki. Maka Ducati mengisyaratkan akan ada perubahan besar pada konstruksi mesin ternasuk bentuknya, kalee.

Walau perubahan itu hanya sepotong kecil disuarakan  Paolo Ciabatti, project director MotoGP Ducati dalam rapor paruh musim 2014. “Masalah besar memang understeering. Mungkin  mengatasinya soal konstruksi dan desain mesin pada rangka. Tapi itu bukan wewenang saya, namun sudah ada perbaikan besar pada GP14 dan ada perubahan pada GP15 sebagai motor 2015,” tutur Ciabatti.

Maksud dia perubahan besar 2014 dari hasil Ducati sering menganggu di single lap dan dua podium dari Adrea Dovizioso. Ducati juga menjamin paruh musim kedua 2014 akan ada dobrakan dan  sudah bisa dilihat pada seri 10 di Indianapolis, Amrik. Sedang soal perubahan mesin tersebut sikit-sikit sudah ada pada motor 2015 sesuai perkembangan riset.

Ciabatti yakin langkah-langkah mereka akan terlaksana dengan datangnya  Luigi ‘Gigi’ Dall’Igna. Memang GP14 sudah punya basis yang bagus namun Gigi juga membawa gagasan yang cemerlang, macam habis sikat gigi terus. “Sehingga motor jadi lebih baik lewat fitur-fitur temuan Gigi. Ini harus dilanjutkan termasuk perubahan secara bertahap yang diperlulakan,” kata Ciabatti sembari bilang untuk Cal Crutchlow hanya soal waktu penyesuaian gayanya terhadap motor.

Dari katanya ‘mungkin’ tadi, soal perubahan desain mesin masih harus ditunggu. Yang jelas rapor paruh musim 2014 dianggap Ducati sudah cukup. Di sirkuit-sirkuit tertentu mereka sudah bisa melawan. Ke depan tentu bertaring di semua sirkuit, bukan sirkuit tertentu saja sembari mengobati penyakit understeer. Ito  


BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Indianapolis Amerika: Hingga 2016 Marquez dan Pedrosa Tenggak Red Bull..!

MotoGP 2014 Jelang Indianapolis Amerika: Meregalli Puji Rossi, Menanti Kemenangan

MotoGP 2014 Jelang Indianapolis Amerika; Jack Miller Santai Saja Dari Moto3 ke MotoGP

MotoGP 2014 Jelang Amerika: Rabat Ngendon di Moto2, Skenario MotoGP 2016

MotoGP 2014 Jelang Amerika: Lorenzo Ogah Punya Anak Pembalap

 

BAGIKAN