nhk

MotoGP 2014 Jelang Indianapolis Amerika: Trek Aspal Ulang, Peserta Masih Raba-Raba

ManiakMotor – Musim lalu balapan di sirkuit Philip Island, Australia, berlangsung amburadul gara-gara aspal. Aspal baru yang digunakan ternyata ndak cocok dengan ban. Pori-pori aspal dengan mudah menggerus kompon dan balap harus melakukan pitstop untuk ganti motor yang dipasangi ban segar lagi.

Lomba di trek Indianapolis akhir pekan ini juga permukaan aspalnya dibikin baru. Semua pembalap akan merasakan dan baru bisa menilainya usai sesi FP1 pada Jumat (8/8). Apalagi sejumlah sudut tikungan pun didesain ulang demi aspek keselamatan.

Paling berkaitan Bridgestone selaku penyuplai ban MotoGP. Nyatanya, pabrikan Jepang itu tak merasa perlu berlebihan menyambutnya. Kata Shinji Aoki yang manajer balap Bridgestone, karakter Indianapolis tak berubah meski ada sejumlah perubahan. Tetap stop and go, bahkan kini malah lebih lambat. “Banyak tikungan lambat dan dominan ke kiri. Lebih mulus  karena jenis aspalnya sama di semua bagian. Tak seperti musim lalu sehingga gripnya di setiap area  beda-beda,” katanya.

Karena itu pasokan ban untuk semua kontestan tak mengalami perubahan berarti, sesuai rencana awal. Khusus untuk tim pabrikan Honda dan Yamaha, ban belakang akan gunakan hard tyres model asymmetric dengan karet paling keras di bahu kiri ban. Perbedaan ketebalan sisi kiri dan kanan ini berfungsi untuk menjaga daya tahan ban selama balapan. Sedanng Ducati dan Open Class, sesuai regulasi diizinkan pakai ban belakang tipe lunak. Untuk ban depan, semua peserta boleh pakai soft, medium, atau hard, suka-sukalah. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Indy Amerika: 1–2 Lagi Buat RC213V, Yamaha Punya Niat..!

MotoGP 2014 Jelang Indinapolis: Bradl Teken Kontrak Dengan NGM, Pengganti Colin

MotoGP 2014 Jelang Indianapolis Amerika: Lorenzo Mulai Berani Bicara Menang

MotoGP 2014 Jelang Indianapolis Amerika: Bukan Trek Favorit, Rossi Cermati M1 Pada Perubahan Sirkuit

MotoGP 2014 Jelang Indianapolis Amerika: Honda Memang Unggul Motor Dari Yamaha

 

BAGIKAN