nhk

MotoGP 2014 Jelang Indy Amerika: 1–2 Lagi Buat RC213V, Yamaha Punya Niat..!

 

 

ManiakMotor – Wajar Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo punya niat besar untuk menang di Indianapolis, ronde ke-10 MotoGP musim ini.  Namanya niat, ya bisa terwujud bisa juga nggak. Bedalah dengan punggawa Honda di atas RC213V. Mereka yakin lantaran motor dan joki satu rasa dengan sirkuit.

Bagi Marc Marquez dan Dani Pedrosa, seperti wajib menjadi pemenang di Indianapolis. Targetnyua finish 1-2 macam di Sachsenring lalu. Tak lain tak bukan mempertahankan imej Honda selaku penguasa Indianapolis. RC213V memang doyan seperti model Indianapolis, walau sirkuit tersebut dibenahi pada  tikungan 1 sampai 4 serta 14-16, tapi nggak ngepek. Malah lebih kencang lagi, lantaran Indy malah lebih pendek.

Cerita sirkuit pendek, RC213V jago berakselerasi.  Perubahan pun chicane yang terlalu bikin pelan motor. Chicane adalah tikungan bolak-balik yang berbalasan, fungsinya untuk keamanan agar  di area itu motor tak terlalu kencang. Tapi kan, kamu tahu sendiri sirkuit Indy sudah tak ada area untuk diperpanjang. Ya nggak berbubah banyak walau dibenahi.

R1 sampai 4 dibikin flow mengalir, menikungnya nggak putus-putus. Itu tadi, tetap memainkan gigi rendah di  R2, 3 dan 4 yang bikin tenaga RC213V empuk disalurkan ke girboks lantas diolah SSG dan diterima roda dengan berbagai teknologi lengan ayun dan suspensinya.

Dari trek lurus 872 meter dengan top speed 305 km/jam, motor dengan cepat beralih ke gigi 3 pada R1 dan selanjutnya melaju dengan kecepatan 140 kpj menuju R2 (gigi 2), selanjutnya lagi pindah ke gigi 1 untuk menuntaskan R3 dan 4 dengan kecepatan terendah 55 km/jam. Motor semakin pelan justru tidak seimbang. Di situlah peran joki yang lincah dengan fisik yang kuat. Dari pelan menuju kencang, ya kamu juga tahu tenaga RC213V begitu bulat yang dikelola SSG yang sudah matang.

Itu dari aspek teknis. Reputasi MM dan DP pun selalu oke di Indianapolis. MM menjadi jura musim lalu, melengkapi dua kemenangan di kancah Moto2 pada musim 2011 dan 2012. Begitu pun DP dengan dua gelar juara pada 2010 dan 2012 plus dua runner up pada 2011 dan 2013.

Tidak ada yang meragukan keduanya bisa finish 1-2 lagi pada 10 Agustus nanti. “Tinggal mencermati perubahan-perubahan yang ada. Kami harus beradaptasi secepat mungkin agar dapatkan set-up mumpuni buat raceday,” kata MM yang sama diucapkan DP. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Indinapolis: Bradl Teken Kontrak Dengan NGM, Pengganti Colin

MotoGP 2014 Jelang Indianapolis Amerika: Lorenzo Mulai Berani Bicara Menang

MotoGP 2014 Jelang Indianapolis Amerika: Bukan Trek Favorit, Rossi Cermati M1 Pada Perubahan Sirkuit

MotoGP 2014 Jelang Indianapolis Amerika: Honda Memang Unggul Motor Dari Yamaha

 

BAGIKAN