nhk

MotoGP 2014 Jelang Jerez: Rossi Di Kandang Matador, Tetap Sebagai The Doctor

 

ManiakMotor – GP Spanyol di Sirkuit Jerez pada 2-4 Mei ini jelas jadi pertaruhan martabat Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa dan Marc Marquez selaku rider tuan rumah. Ketiganya akan saling serang bak matador. Tapi, Valentino Rossi ndak takut tuh! The Doctor gitu loh.

Katanya M1 The Doctor sudah membaik, tapi tetap saja belum bisa kejar RC213V dalam tiga seri awal Qatar, Austin, dan Argentina. Bisa jadi lain halnya di trek Jerez yang secara tradisional sebelumnya jadi ajang tes sejak era keemasan Rossi. Artinya, meski adanya bukan di Italia, karakter sirkuit itu sudah sangat menyatu dengan Rossi. Dan inilah sirkuit paling netral untuk karakter semua motor.

Buktinya, Rossi pernah meraih enam kemenangan kelas primer di Jerez dan masing-masing satu GP125 dan 250cc. Tahun lalu saat ‘belajar’ kembali di atas M1, ia finish keempat. Mestinya tahun ini lebih baik, karena lebih klop dengan M1 yang dibangunnya sendiri. M1 di sirkuit ini punya kecepatan meyakinkan lantaran banyak sudut-sudut Jerez dilibas speed tinggi pas dengan tipikal M1.

“Jerez adalah sirkuit spesial dengan atmosfer balapan yang menggairahkan. Targetku jelas bertarung naik podium,” tegas The Doctor yang sejauh ini tidak menyinggung soal fisik sebagai penghalang di tiga seri awal. Maklum lae, sudah 35 tahun!

Tapi, saat bersamaan ia juga memahami Honda RC213V pun sudah berkembang pesat  tahun ini. “Kami masih punya beberapa titik kelemahan. Titik-titik ini yang harus dibenahi agar bisa melipat Honda,” kata Rossi lewat rilis tim Movistar Yamaha, yang pastinya tak menyebutkan detil kelemahan dan kata ‘melipat’, hehe.

Meski begitu, sampeyan pastinya sudah tahu kalau persoalan utama Yamaha tahun ini adalah  set-up yang tak kunjung beres dengan ban baru spek 2014. Belum diketahui, komponen apa yang akan dimodifikasi Rossi di Jerez agar tetap The Doctor melawan para Matador. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Jerez: Masih Duel Sesama RC213V, Motor Mendukung

MotoGP 2014 Jelang Jerez: Vital Buat Lorenzo

MotoGP 2014 Jelang Jerez: Marquez Bidik Kemenangan Pertama

MotoGP 2014 Jelang Jerez: Prestasi Iannone, Duel Lawan Marquez dan Rossi Di Argentina

 

BAGIKAN