nhk

MotoGP 2014 Jelang LeMans: Aleix Lupakan Podium, Sadar Kualitas Motor

 

ManiakMotor – Pada single lap macam latihan bebas dan kualifikasi, Aleix Espargaro boleh hebat dan acap bikin kejutan. Tapi, di empat ronde awal ia gagal naik podium yang ditargetkan. Nah, mulai kapok deh doski!

Yamaha FTR yang dipacunya di Open Class memang punya mesin kencang. Tapi mesin kencang bukan satu-satunya modal untuk naik podium. Masih ada rangka yang punya distribusi bobot yang apik, lengan ayun yang punya irama mengayun asyik, suspensi depan belakang yang bikin nyaman sepanjang balapan. Belum  lagi cerita perankat elektronik yang bersinergi dengan kotrol traksi dan sebagainya yang bikin mulus setiap lap.

Empat yang disebut dengan elmu kira-kira tadi, belum menunjang pada motor Aleix. Begitu  balapan, ia ngos-ngosan mengoreksi (menghendling) motor agar bisa konsisten setiap lap. Di situ  lebihnya motor pabrikan yang empat bagian itu saban waktu diriset dengan SDM yang jempolan.

Jangankan setiap tahun, setiap lomba malah disetting melulu motor pabrikan dengan perangkat barunya yang canggih. Makanya, motor pabrikan nurut pada jokinya, sedang motor di luar pabrikan setengah mati jokinya, lantaran motor tak mau nurut. Bisa aja podium sih, bila Aleix punya fisik dan stamina yang luar biasa menahan gelitikan motor macam ini.

Bukan geetu, Aleix? “Saatnya melupakan podium. Faktor kalah dari tim pabrikan bukan soal akselerasi dan top speed, paling berpengaruh justru elektronik yang jauh kalah canggih,” tukas rider Spanyol itu yang mengusung ECU standar Dorna buatan Magneti Marelli, tanpa sebut perangkat lain yang ditulis tadi.

Prestasi terbaik Aleix hanyah finisher ke-4 di GP Qatar. Aleix sering terlibat duel dengan Stefan Bradl,  Alvaro Bautista, dan Andrea Dovizioso, ia mulai yakin levelnya memang sebatas itu. “Percayalah, saat balapan akan sangat sulit mencapai podium,” tukas Aleix yang kini hanya kejar menjadi rider terbaik di kelasnya.

Itu pula yang ia rencanakan pada ronde kelima di LeMans nanti, yang tipikal sirkuitnya cocok dengan gaya balap Aleix. “Banyak tikungannya yang model stop and go yang saya suka,” tandasnya.

Tapi, jangan-jangan malah podium saat tidak ditarget! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang LeMans: Soft Tyre, Dongkrak Performa Lorenzo?

MotoGP 2014 Jelang LeMans: Tiga Pesaing Siap Gantikan Bridgestone

MotoGP 2014 Jelang LeMans Prancis: Marquez Santai Saja

MotoGP 2014 Test Jerez Spanyol; Rossi Makin Suka Sasis Baru M1, Diapakai Lagi Di Lemans

 

BAGIKAN