nhk

MotoGP 2014 Jelang LeMans: Soft Tyre, Dongkrak Performa Lorenzo?

 

ManiakMotor – Walau bagaimana pun, si Jolor, eh Jorge Lorenzo masih punya peluang di  jalur juara dunia. Lha wong, serial balapan belum separuh musim. Tapi berat memang melihat lawan-lawannya sekarang. Kinerjanya ditentukan pada GP Prancis di Sirkuit LeMans, 18 Mei mendatang.

Usai test di Jerez pada 5 Mei kemarin, JL sudah koar-koar, bahwa dia sudah menemukan ban yang pas buat M1-nya, yakni soft tyre (ban lunak). Katanya sih dengan ban tipe ini, tenaga M1 boleh disalurkan ke trek, sudah tak ada gejala roda bergasing di tempat (spin).

Itulah  yang menarik ditunggu dari JL saat ini, bukan perkembangan fisiknya hehehe. Jika finish di belakang Marc Marquez, Dani Pedrosa dan Valentino Rossi, langkah selanjutnya kian berat mencaplok gelar juara 2014. Sekarang saja doski sudah tertinggal 65 poin dari pimpinan klasemen!

Ironisnya, JL belum punya ‘pisau’ yang diyakini tajam. Ibaratnya doski baru ngasah senjata lewat tes Jerez lalu, yang lain sudah konstan. Diberi asis dan swingarm baru yang akhirnya tak dipakai, JL meyakini probem terbesar M1-nya adalah karakter pada ban belakang yang pas.

Sampai di test Jerez kemarin ia masih mencari-cari kombinasi ban yang paling ideal saat balapan. “Kini sudah ketemu dengan ban berkompon lembut. Pertambahan waktunya memang tak seberapa, tapi catatan waktu bisa kosisten setiap lap. Ini yang diperlukan. Sayangnya hal itu baru ketahuan di test ini,” katanya.

Dengan begitu, tambah JL, ia akan lebih berkonsentrasi bikin setingan dengan soft tyre pada raceday LeMans nanti. Bagaimana performanya, bolehlah ditunggu! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang LeMans: Tiga Pesaing Siap Gantikan Bridgestone

MotoGP 2014 Jelang LeMans Prancis: Marquez Santai Saja

MotoGP 2014 Test Jerez Spanyol; Rossi Makin Suka Sasis Baru M1, Diapakai Lagi Di Lemans

MotoGP 2014 Test Jerez; Marquez Tercepat Pakai Suspensi Baru, Disusul Lorenzo, Rossi

BAGIKAN