nhk

MotoGP 2014 Jelang Losail: Pertempuran 5 Yamaha, Warna Seri Pembuka Qatar

 

ManiakMotor – Para joki Yamaha penggenjot M1 sepertinya akan saling serang sejak dini. Pasti asoy bro, layak dinanti sejak seri pembuka GP Qatar, 21-23 Maret.  Ada enam unit YZR-M1 yang turun gelanggang di sana.

Dua unit tim pabrik digawangi Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Dua punggawa satelit Monster Yamaha Tech3 (Bradley Smith dan Pol Espargaro) dan dua unit di kelas baru, Open Class (OC). Itu dia Aleix Espargaro dan Colin Edwards. Meski beda spesifikasi, ada beberapa konfigurasi persaingan bisa seimbang. Setidaknya dari lima pembalap kecuali Edwards yang tampaknya masih kesulitan sepanjang sesi tes pramusim. Maklum, Edwards lebih tua dari Rossi, hehe.

Persaingan utama tentu Rossi dengan JL. Apalagi The Doctor merasa dapat pacuan mumpuni musim ini dan menaklukkan JL didua tes Sepang, lalu ia kalah di Philip Island. Tapi, Rossi saat di Oztrali tak risau soal catatan waktunya. Baik-baik saja.

Antara Smith dan Pol yang sama-sama jebolan Moto2 pun terbersit bakal bersaing keras. Tentu juga bersaing menjadi terpadang di tim Tech3. Rivalitas berikutnya dari Aleix di  serangkaian tes pramusim, anak ini tak hanya ancaman pembalap satelit Yamaha, juga pabrikannya. Jika Aleix konsisten di lap yang banyak, bukan tak mungkin ia salah satu petarung podium. “Dia (Aleix) harus diwaspadai,” kata Rossi saat diminta komentarnya mengenai Aleix.

Tak kalah menarik pertarungan antar Espargaro bersaudara. Aleix yang biasanya jadi mentor Pol dalam balapan, kini harus singkirkan sang adik lebih dulu sebelum menyasar anak-anak pabrikan. Sebaliknya, Pol juga harus jaga wibawa timnya yang sudah dipasok SSG agar tak kalah pamor dari pemain OC meski abang sendiri.

Sepanjang sejarah balapan kelas primer ini, sudah acap kali terjadi sesama saudara bertarung di lintassan sama. Tapi, dari semuanya, tampaknya rivalitas Aleix dengan Pol akan jadi persaingan paling menarik. Pasalnya, mereka terdaftar sebagai kontestan regular dan punya potensi sama. Lha, di tes Losail kemarin saja waktu mereka saling babat! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Losail Qatar; Sejarah Kakak-Adik Satu Lintasan, Pol-Aleix Espargaro Masa Kini

MotoGP 2014: Rilis Spesifikasi Desmosedici GP14, Ducati Adu Cerdas Dengan Dorna

Moto2/3 2014 Tes2 Jerez: Nakagami Dominasi Moto2, Besutan Rossi Punya Prospek

MotoGP 2014: Livery Baru M1 Rossi – Lorenzo, Buka Selubung 19 Maret

 

 

BAGIKAN