nhk

MotoGP 2014 Jelang Losail Qatar: Gairah Valentino Rossi, Nyambung Dengan Pak Galbu

 

ManiakMotor – Dibanding tahun lalu, banyak perubahan dialami Valentino Rossi. Salah satunya adalah suasana diskusi kala membahas hal-hal penting, detail, dan rahasia soal jeroan Yamaha M1.

Itu salah salah satu poin penting yang dipetik Rossi kala mengganti kepala mekaniknya. Semua sudah tahu Jeremy Burgess digantikan Silvano Galbusera. Dari orang Australia ke orang Italia.  “Saya senang bekerjasama dengan Silvano. Ia selalu kerja keras, tak pernah puas, dan ingin hasil lebih baik dan lebih baik. Saya suka kerja bareng Jeremy, tapi lebih menyenangkan dengan suasana baru bersama Silvano,” kata legenda Italia berumur 35 itu.

Mekanik dan pembalap memang harus satu tujuan dan saling paham apa maunya motor, eh pembalap, eh mekanik juga. Nah, The Doctor merasa sangat nyambung dengan Pak Galbu. Mereka bisa bebas berdiskusi dengan Bahasa Italia, terlebih saat pecahkan racangan set-up agar M1 bisa menggelinding digiring VR46.

Keduanya relatif lebih aman dari bocornya utak-atik. Apalagi, insinyur penghimpun dan pengolah data teknis pun orang Italia, yakni Matteo Flamigni. “Penting bicara pengantar dalam bahasa sama. Matteo selalu bersama kami dan itu memudahkan menganalisa seluruh data dan selanjutnya mengambil keputusan,” tambah Pak Galbu yang secara pengalaman di MotoGP sesugguhnya kalah jam terbang dari Burgess.

Rossi gamblang dengan lidah spaghetti menjabarkan gejala motor pada semua sudut sirkuit dengan sistematis. Sehingga  Pak Galbu pun lebih mudah mencernanya dengan pekerjaan sistematis pula. Dan, seperti terlihat sepanjang sesi tes pramusim, laju The Doctor di atas M1 boleh diadu. 

Makanya Rossi berani lantang untuk bersaing ke podium dan incar sejumlah kemenangan. Tak seperti musim lalu kurang pede menarget podium. “Berbahasa Italia untuk membicarakan hal-hal detail, ternyata ngaruh bro,” tambah Rossi yang sempat tercepat di Sepang2 sebelum waktunya disamakan persis Dani Pedrosa.

Sama dengan saya, dengan kita, dengan kami dan dengan kamu. Forza Pak Galbu, buktikan di Losail, Qatar. Eit, freepractice sejak 20 Maret 2014, loh! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Losail Qatar: Lorenzo Bintang Iklan Mobil Mewah, Sowan ke WSBK

MotoGP 2014 Jelang Losail Qatar: Marquez Bertahan, Pedrosa Memulai Perburuan

MotoGP 2014 Jelang GP Qatar: Format Khusus Losail, 4 Hari 4 Malam

MotoGP 2014 Qatar: Rame Nih, Dorna Paksakan ECU Seragam, Tak Peduli Ancaman Honda

 

 

 

BAGIKAN