nhk

MotoGP 2014 Jelang Losail Qatar; Sejarah Kakak-Adik Satu Lintasan, Pol-Aleix Espargaro Masa Kini

ManiakMotor – Sudah banyak pasangan kakak beradik di kelas puncak premier class bertarung satu lintasan. Namun, yang  sama-sama naik podium bersamaan masih sedikit dan jarang. Kini di seri pertama MotoGP 2014 akan dimulai di Losail, Qatar 23 Maret 2013, akan ada kakak beradik Aleix Espargaro dan Pol Espargaro.

Aleix membela Mobile NGM dengan Yamaha FTR dan Pol menggenjot Yamaha M1 milik Tech3. Beda kelas tapi dinilai bersama, Aleix turun di Open Class dan Pol dari pabrikan lewat tim satelit. Tapi melihat cidera yang didapat Pol saat latihan resmi di Qatar, berat dia melawan kakaknya, apalagi naik podium bersama.  

Di depan mereka, sebelumnya sudah ada sejarah kakak-beradik. Terakhir, abang adek berlangsung di  GP Amerika 2010. Di sirkuit  Laguna Seca, Nicky Hayden dan adiknya Roger Lee Hayden sebagai pengganti Randy de Puniet LCR Honda. Keduanya mencetak poin, Nicky ke-5 dan Roger ke-11 .

Tahun 2004 juga muncul Kenny Roberts Jr yang membela Suzuki dan Kurtis Roberts dengan Proton KR. Orang tua keduanya yang juara dunia tiga kali itu nggak ikutan, hehe.  Selain keduanya di 1997 ada Nobuatsu Aoki dan Haruchika Aoki sampai 1999. Lanjut Bernard dan Marc Garcia (1994 & 95), Dominique dan Christian Sarron (1989) .

Yang bisa podium bersamaan Oaki bersaudara pada 1997, ketika Nobuatsu Aoki finish kedua dan Takuma Aoki urutan ketiga di Imola. Yang lain sudah lama bangat dan pasti sampeyan juga sudah lupa-lupa ingat. Yakni di MotoGP Argentina 1962 saat Juan Salatino kedua dan ketiga adiknya bernama Eduardo. Nggak tahu orang mana mereka, husss.

Kini kesempatan sejarah itu ada di tangan Aleix dan Pol. Walau nggak bisa bersama podium tahun ini, keduanya ke depan masih punya kesempatan panjang. Apalagi melihat prestasi keduanya yang lumayan menggigit. Belum lagi nantinya Pol akan dikerek pabrikan Yamaha. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2014: Rilis Spesifikasi Desmosedici GP14, Ducati Adu Cerdas Dengan Dorna

Moto2/3 2014 Tes2 Jerez: Nakagami Dominasi Moto2, Besutan Rossi Punya Prospek

MotoGP 2014: Livery Baru M1 Rossi – Lorenzo, Buka Selubung 19 Maret

MotoGP 2014: Rossi Bukan Target Suzuki, Begitu Kabarnya

BACA JUGA

BAGIKAN