nhk

MotoGP 2014 Jelang Losail Qatar: Tuas Kecil Di M1 Rossi-Lorenzo, Simpan Rahasia

 

 

ManiakMotor – Perkembangan signifikan YZR-M1 milik Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo sepertinya terdapat di sektor girboks. Ditandai tuas tambahan pada setang kiri M1. Tuas kecil di antara hand grip dan tuas kopling itu belum dikonfirmasi fungsinya. Rahasia, Bro! Benda itu baru ada di spek 2014. Serupa sebenarnya yang digunakan Honda sejak pertengahan musim lalu.

Pada crash.net, Direktur Tim Yamaha Massimo Meregalli mengakui benda itu baru digunakan pada spek 2014 berkaitan dengan transmisi. Sayang, ia menolak menjabarkan fungsi dan sistem kerjanya. “Ini soal teknis. Kalian sudah punya fotonya, kenapa tidak minta pembaca untuk menganalisanya saja,” kata Meregalli bercanda. Hahaha…

Kuat dugaan, benda itu berkaitan dengan upaya Yamaha perbaiki kinerja seamless shift gearbox (SSG). Ilmu kira-kiranya seperti permintaan Meregelli untuk dianalisa, bila ada tuas, artinya peranti bisa difungsikan dan juga bisa tidak. Berfungsi saat dibutuhkan dan bisa dinonaktifkan bila tak digunakan. Kan begitu fungsi tuas tambahan. Kata Meregelli berkaitan dengan transmisi, teknologi terkini hanya SSG.

Belajar dari Honda sebelum Yamaha pakai SSG, Honda kerap kesulitan melawan Yamaha di tikungan high speed. Namanya ilmu kira-kira, SSG kurang berfungsi di tikungan panjang. Ya, tinggal dinonaktifkan saja lewat tuas ini. Atau masih banyak analisa lainnya. Misalnya, SSG bekerja dua tingkat yang bisa diperintah dari tuas tersebut.

Isunya, isu nih, dengan benda itu maka para pemacu Honda tak perlu lagi menarik tuas kopling saat penurunan ke gigi rendah (deselerasi). Mereka juga bisa melakukan penurunan gigi berbarengan dengan pengereman. Ada juga dugaan tuas kecil itu berfungsi mencegah terkuncinya atau macetnya perpindahan gigi seperti dialami Rossi kala tes SSG tahun lalu.

Tapi, itu tadi, semuanya tak ada konfirmasi resmi. Terutama cara kerjanya. Rossi dan JL pun hanya bicara umum. “Saat menurunkan gigi di tikungan, Honda sudah sangat baik. Itu satu hal yang masih harus dikembangkan di Yamaha,” kata Rossi. “Kami berusaha agar bisa mulus juga dalam perpindahan gigi rendah seperti punya Honda, tapi kini hal itu justru lebih buruk dari tahun lalu,” keluh JL saat tes Sepang, di mana ia memang tampil buruk. Lha, itu kan hanya Sepang.

Kemnetar mereka sedikit membuka tabir keberadaan tuas. Untuk  jelasnya silakan sampeyan lihat dua gambar di atas seperti dipetik dari crash.net. Yang satu milik Rossi di M1, satunya lagi punya Marc Marquez di RC213V. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014: Serba Gelap di Seri Pembuka Losail Qatar

MotoGP 2014: Rossi Serius Kembangkan VR46, Gaya Balap Tetap Sama

MotoGP 2014 Jelang Losail: Pertempuran 5 Yamaha, Warna Seri Pembuka Qatar

MotoGP 2014 Jelang Losail Qatar; Sejarah Kakak-Adik Satu Lintasan, Pol-Aleix Espargaro Masa Kini

BAGIKAN