nhk

MotoGP 2014 Jelang Losail: Siapa Pemecah Rekor di Qatar?

 

 

ManiakMotor – Ban slick spek 2014 baru digulirkan dalam sesi tes. Pastilah Bridgestone membuat formula baru komponnya jaminan grip dari pendahulunya. Ban ini diyakini bisa memegang motor lebih erat di trek dengan hasil motor lebih  laju. Termasuk di sirkuit Losail, Qatar yang jadi tempat seri pembuka pada 21-23 Maret.

Anak-anak pabrikan macam The Fantastic Four tak ikutan dalam tes Losail.  Makanya masih jadi sebuah misteri kinerja ban belakang baru itu di trek Losail yang beberapa bagian acap berpasir itu. Apakah lebih baik dari spek 2013 atau tidak, sesuai rasa para pemain papan atas MotoGP itu?

Prbandingannya ban belakang baru digunakan Open Class (OC). Komponnya lebih lunak, lantaran didesain dengan pertimbangan tenaga OC, tidak sebesar pabrikan, kalee begitu??? Nah, dengan jenis ban itu, Aleix Espargaro (Forward Yamaha FTR) sudah cetak 1:54,874 dalam tes Losail silam. Catatan ini sudah mendekati rekor-rekor Losail. Misalnya waktu pole position 2013 yang 1:54,714 milik Jorge Lorenzo. Masih jauh dari best time.

Asumsi pacuan pabrikan bisa melaju lebih kencang setengah detik dari M1 milik Aleix, maka kemungkinan besar semua rekor itu dipecah-pecahin. Pertanyaannya, siapa rider yang memecahkannya? Marquez diragukan karena baru pulih cidera tulang kaki. Apakah JL yang kurang oke sepanjang tes Sepang, apakah Valentino Rossi atau Dani Pedrosa yang merasa sudah lebih kencang dari musim lalu, atau si Aleix yang sedang on fire itu?

Bridgestone sebagai penyuplai ban yakin kecepatan Losail akan meningkat. Parameternya hasil rata-rata pembalap dalam tes Losail. “Semuanya produktif. Kami maupun pembalap puas dengan kinerja ban di single lap dan simulasi balapan.  Fans MotoGP bisa berharap kecepatan pembalap di seri pembuka nanti lebih kencang dari musim lalu,” ujar Masao Azuma, Kepala Bidang Pengembangan Bridgestone. Bridgestone juga mengeluarkan kode ban sesuai jenisnya yang bisa tengok langsung pada garis di badan ban (lihat foto di atas). Cat ini akan memudahkan penonton menentukan jenis ban digunakan peserta. 

Itu janji atau prediksi Bro, benar tidaknya ya ditunggu sajalah! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Losail Qatar: Tuas Kecil Di M1 Rossi-Lorenzo, Simpan Rahasia

MotoGP 2014: Serba Gelap di Seri Pembuka Losail Qatar

MotoGP 2014: Rossi Serius Kembangkan VR46, Gaya Balap Tetap Sama

MotoGP 2014 Jelang Losail: Pertempuran 5 Yamaha, Warna Seri Pembuka Qatar

 

 

 

BAGIKAN