nhk

MotoGP 2014 Jelang Motegi: Michelin Jamin Tak Ada ‘Ban Siluman’ Buat Rossi

ManiakMotor – Ini cerita masa lalu kala Valentino Rossi pakai Michelin dan musuhnya pakai Bridgestone. Kabarnya nih, usai sesi latihan, malamnya pabrik Michelin di Prancis langsung bikin ban khusus. Besoknya saat race, Rossi sudah pakai ban yang komponnya diciptakan berdasarkan suhu trek hari Sabtu yang pasti tak beda jauh dengan hari Minggu.

Ada dua versi, pencetak ban tersebut sudah ada di sirkuit ada pula yang bilang diantar pesawat khusus dari pabriknya di Michelin. Itu memang cerita yang bukan rahasia umum, tapi tak pernah secara resmi dibantah atau dibenarkan pihak terkait. Katanya lagi nih, itu salah satu faktor The Doctor tak terkalahkan saat itu. Ban miliknya paling cocok di trek bersangkutan.

Macam mana musim 2016 kala Michelin jadi pemasok tunggal ban MotoGP menggantikan Bridgestone? Nicolas Goubert, Direktur Teknik Michelin saat ini dan memimpin pasukan Michelin ke musim 2016 pun, tidak membantah atau membenarkan kisah itu.

Katanya, nantinya Michelin tidak akan memproduksi ban khusus berdasarkan masukann dari sesi free prcatice. Tak ada ‘produksi semalam’ dan dikirim esoknya. Dalam wawancaranya dengan speedweek.com, Goubert menyatakan ban yang disediakan sama saja dan tinggal bagaimana tim dan pembalapnya mengolah dalam set up motor masing-masing. “Semua jenis ban sama dan berlaku untuk semua pembalap,” jaminnya.

Agar bisa dapatkan produksi yang tepat, pabrikan ban Prancis itu pun berencana lakukan riset diseluruh sirkuit MotoGP sesuai kalender 2015. Mereka ingin merangkum data dan karakter tim pabrikan saat ini seperti Yamaha, Honda, dan Ducati.

Upaya awal sudah dilakukan Michelin dengan menyewa Colin Edwards menjadi tester. Mantan pembalap Yamaha itu sudah menguji M1 dengan ban Michelin di Motegi, Michelle Pirro dengan Ducati di Brno, dan selanjutnya tester Honda Shinichi Itoh akan menguji Michelin di atas RC213V. “Yang juga jadi fokus penting adalah perubahan velg dari lingkar 16,5 menjadi 17 inci,” tambahnya.

Tak diragukan lagi, perubahan velg itu tak lain berkait dengan kepentingan bisnis. Velg 17 inci itu lebih relevan dengan ban-ban produksi Michelin di pasar komersial. Begitu Masbro, tapi itu sah adanya dan sesuai dengan regulasi. Regulasi yang sudah mantap sehingga nggak perlu diubah dengan voting segala atau bikin perppu segala hehehe….! Andro

BACA JUGA

 

BAGIKAN