nhk

MotoGP 2014 Jelang Motegi: Prajurit Honda Dituntut Team Order???

 

ManiakMotor – Resminya tak ada tradisi team order di Repsol Honda. Nggak seharusnya Dani Pedrosa membantu Marc Marquez jadi juara dunia alias mengalah. Paling diperintahkan dikit untuk menghambat lawan yang lain. Tapi dalamnya laut sampeyan bisa ukur, maksudnya ahli kelautan yang mengukur, dalamnya hati hanya Tuhan yang bisa takar. Kira-kira seperti itulah duet Honda di Motegi, Jepang.

Situasi Pedrosa sendiri cukup genting. Bukan untuk mengejar Marquez, tapi bertahan dari gempuran duet Yamaha dalam perebutan posisi runner-up. Ia hanya unggul tiga poin atas Valentino Rossi, sementara JorgeLorenzo pun mulai mendekat dengan sisa balapan yang hanya tinggal 4 ronde. “Prioritas mempertahankan posisi 2 klasemen,” ujar Pedrosa berkali-kali, termasuk saat memasuki Motegi yang menggelar ronde ke-15 MotoGP tahun ini yang sesi latihannya sudah mulai Jumat 10 Oktober pagi di Indonesia .

Sayangnya, saat bersamaan ia bisa jadi penentu Marquez memastikan gelar juara di Motegi. Honda ingin itu terpenuhi di rumah sendiri. Jika penampilan Lorenzo apik di Motegi seperti tahun lalu maka riskan bagi MM kalau ngotot memberi perlawanan. Jalan terbaik bagi Honda membuat Pedrosa mengalah dan memberikan posisi podium kedua buat MM agar perayaan gelar dunia bisa dihelat segera di Motegi.

Honda juga punya startegi teknik. Di Motegi sudah pasti mereka akan  membuka kotak baru yang isinya mesin RC213V gress. Itu mesin dari jatah 5 unit per musim.  Mesin segar jaminan MM bisa di depan dan tak perlu order-order segala. Pedrosa pun bebas memberi perlawanan buat  Rossi dan Lorenzo untuk posisi kedua di Motegi sekaligus di klasemen.

Situasinya Pedrosa hanya tunggu keajaiban jadi juara dunia. Tapi sepertinya ia layak berkorban demi tim dan merek yang membayarnya. Ini saatnya ia beri keleluasaan dan kekuasaan buat Marquez. Untuk memantapkan posisinya sebagai runner-up, tentu masih ada seri lanjutan di Australia, Malaysia, dan Valencia yang bisa saja akan dibantu Marquez sebagai balas budi, hehe. Yang penting gelar sudah ditanam di Motegi seperti harapan Honda.

Bukan berarti mengabaikan Valentino Rossi, Masbro! Pasalnya, JL memang lebih dipertimbangkan apalagi pasca Rossi terjengkang di Aragon. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Motegi (Jelang); Rossi Cerita Psikologis Dan Mental Kecepatan

MotoGP 2014 Jepang (Jelang): Ducati Punya Potensi Di Motegi, Empuk Di Sirkuit Rem Deras

MotoGP 2014 Jelang Motegi: Marquez Ora Mikir Juara

MotoGP 2014 Jelang Motegi: Lorenzo Harus Didoakan

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353