nhk

MotoGP 2014 Jelang Mugello Italia: Katanya RC213V Marquez Pakai Barang Ilegal, Logika Tekniknya?

 

 

ManiakMotor – Banyak sudah tulisan beredar yang katanya HRC menggunakan perangkat ilegal pada Honda RC213V Marc Marquez. Perangkat tersebut katanya penghasil torsi dengan mekanisme turbin yang pernah dicangkok pada F1. Tapi yang melansir isu ini, ndak bisa menjabarkan lengkap dan detil yang masuk akal. Malah katanya, peranti itu dipasang di girboks.

Wah, macam mana cerita torsi dipasang di girboks. Dari segi logika motor bakar saja sudah tak nyambung. Torsi selalu beruhubungan dengan komponen utama mesin, contoh seharusnya ada di kruk-as, setang piston, kem dan ruang bakar. Sedang girboks hanya penerus daya. Kolo SSG (seamless shift gearbox) dipasang di girboks, itu nyambung, reduksi tanpa jeda saat pindah gigi.  Nggak tahu deh, sekelas teknologi MotoGP bisa memanfaatkan gigi primer sekaligus bandulnya untuk menembah torsi.

Nah dari situ saja sudah tak sesuai tuh isunya.  Belum lagi, bila cerita gosip yang berhubungan dengan kinerja FIM (Federation of International Motorcycling) yang aslinya tertulisFédération Internationale de Motocyclisme. Inilah federasi yang mengatur aturan MotoGP lewat komisi tekniknya. Tentu di sana bukan orang-orang  ‘bego’, husss becanda. Komisi ini juga netral, lantaran diisi perwakilan pabrikan peserta MotoGP. Bila ada yang ilegal, langsung ada baunya dari merek lain yang kedudukannya sama kuat di FIM.

Apalagi cerita soal turbin alias turbo yang barangnya tak bisa disembunyikan bila dipasang pada mesin  motor. Ruang pada motor terlalu kecil untuk barang ini . Turbin selalu terpasang pada lubang buang untuk menturbin ulang gas buang membantu udara bersih pada saluran isapnya. Sementara, isu saat ini yang beredar ceritanya ada di girboks, hehe.

Intinya, seperti kata Valentino Rossi, saat ini Marc Marquez bisa memeras RC213V  dengan skill-nya. Kebetulan memang tesedia yang diperas, hehe, itu kata portal ini. Mesin dan perangkat elektronik sampai yang namanya kontrol traksi, bisa ia gunakan dengan gerakan anatomi Marquez superenergik. Ya khas pembalap bertalenta spesial yang masih anak muda.

Marquez pun bisa menset-up RC213V dengan cepat, lantaran sejak sesi test pramusim dan sesi latihan jelang race, RC213V ia kebut di atas limit. Mekanik dan para analisa teknik Repsol Honda Team dengan mudah mendapatkan kinerja komponen motor Marquez untuk disesuaikan dengan karakter sirkuit.

Sama dengan Valentino Rossi saat datang ke Yamaha pada 2002. Saat itu Yamaha tak pernah berkutik dengan Honda. Tapi di tangan Rossi bisa berbalik, lantaran Rossi bisa memeras semua kemampuan Yamaha M1 saat itu. Rossi yang lebih kencang dari motornya. Podo dengan Marquez saat ini, Marquez yang lebih kencang dari RC213V.

Nah kira-kira begitu elmu kira-kiranya. Ito  

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Mugello Italia: Siapkan Selebrasi Unik, Rossi Bicara Kehormatan

MotoGP 2014 Jelang Mugello: Strategi Pedrosa, Kejar Marquez Atau Bendung Rossi?

MotoGP 2014 Jelang Italia: Trauma di Mugello, Marquez Siap Kalah

MotoGP 2014 Jelang Mugello: Tampil 300 Kali, Rossi Tetap Ingin Hadang Marquez

MotoGP 2014 Jelang Mugello Italia: Lorenzo-Pedrosa Ingin Juara, Hanya Rossi Diwaspadai Marquez

MotoGP 2014 Jelang Mugello; Tengok Sirkuit Cepat, Rossi 7 Kali Juara, Kenangan Marquez

 

 

BAGIKAN