nhk

MotoGP 2014 Jelang Mugello: Motor Boleh Pakai Cakram Rem 340 Mm, Rossi Untung

ManiakMotor – Kabar baru buat pemain MotoGP. Grand Prix Comission mengubah regulasi soal piringan rem (disc brake) roda depan. Alasannya, demi keamanan.

Yang berlaku selama ini penggunaan ukuran disc brake depan, sesuai karakter sirkuit dan Open Class. Diameter 320 mm wajib, kecuali Open Class di sebagian besar sirkuit yang dipakai tarung kelas para raja. Kecuali untuk trek Motegi (Jepang), Catalunya (Spanyol), dan Sepang (Malaysia).

Motegi diwajibkan pakai 340 mm lantaran yang 320 mm dianggap kurang pakem di sana. Sedangkan di Catalunya dan Sepang yang ukuran 340mm bersifat opsional. Boleh pakai lingkaran 320, boleh juga 340, terserahlah!

Nah, mulai seri Mugello nanti setiap motor MotoGP boleh memakai tipe 340mm dan sifatnya masih opsional. Lagi-lagi kecuali Motegi yang tetap memberlakukan regulasi wajib 340 mm pada cakram  karbon tersebut.

Perubahan regulasi ini sudah pasti ngaruh. Kolo nggak ngaruh, untuk apa ada peraturan? Diameter lebih besar momentum pengeremannya juga besar (lebih pakem). Kampas rem ikut membesar. Cakram juga lebih dingin lantaran media penampangnya lebih luas. Valentino Rossi yang acap mengeluhkan pengeremannya panas, akan teratasi. Untunglah buat dia. Kira-kira begitu. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Mugello: Pedrosa Prioritaskan Honda, Buka Peluang Ke Suzuki

MotoGP 2014 Jelang Mugello: Hohe Lorenzo Bantah Omongan Rossi

MotoGP 2014 Jelang Mugello: Marquez Mulai ‘Lancang’ Nasehati Lorenzo

MotoGP 2014 Jelang Mugello: Kata Rossi, Lorenzo Tertekan Gara-Gara Marquez

 

 

BAGIKAN