nhk

MotoGP 2014 Jelang Mugello: Official Tyre MotoGP, Michelin Gantikan Bridgestone

ManiakMotor – Tak butuh lama buat Dorna Sport cari pengganti Bridgestone selakau pemasok ban tunggal di MotoGP. Penggantinya Michelin, pabrikan ban Prancis yang pernah juga di MotoGP.

Awal Mei lalu Bridgestone umumkan mundur dari MotoGP seusai masa kontrak di ujung 2015. Sejak saat itu pula Dorna buka tender pemasok baru dengan batas 22 Mei. Tadinya dikabarkan tiga produsen si karet hitam bundar itu yang tertarik, yakni Michelin, Pirelli dan Dunlop. Tapi, hingga batas waktu tender ditutup cuma Michelin yang memasukkan proposal sesuai klasifikasi teknis yang diminta Dorna. Ya merekalah yang terpilih dan mulai kerja pada 2016.

Ini kali kedua Michelin mengalas roda kelas primer, sebelumnya pada 1972 sampai 2008. Dalam 36 tahun itu mereka koleksi 360 kemenangan. Pada 2008 terjadi rivalitas sengit antara joki-joki MotoGP pengguna Michelin dan Bridgestone, begitu pun pabrikannya. Keras dan kasarnya persaingan itu membuat Dorna mengeluarkan keputusan pemasok ban tunggal pada musim 2009, dan Michelin ogah ikut tender memilih mundur.

Michelin pula yang bisa membuat kompon dalam hitungan jam disesuaikan dengan suhu saat itu juga yang dipelajari dari sesi latihan, seperti pernah dipakai Valentino Rossi bersama merek ini. “Niat kami membawa teknologi balapan untuk diterapkan pada motor harian akan sangat terbantu oleh perubahan regulasi pada musim 2016, khususnya penggunaan velg berdiameter 17 inci (selama ini 16,5 inci). Itu yang membuat kami tertarik,” ujar Pascal Couasnon, Direktur Motosport Michelin. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Mugello: Marquez Tak Pentingkan Duit Honda

MotoGP 2014 Jelang Mugello: Kembangkan Ducati, Gigi Ingin Pertahankan Dovi

MotoGP 2014 Jelang Mugello: Honda Inginkan Rea Di Kelas Para Raja

MotoGP 2014 Jelang Mugello: Motor Boleh Pakai Cakram Rem 340 Mm, Rossi Untung

 

 

 

BAGIKAN