nhk

MotoGP 2014 Jelang Mugello: Pedrosa Digoda Suzuki Rp 126 Miliar/Tahun

ManiakMotor – Isu soal Marc Marquez pakai barang haram di RC213V-nya sulit diterima akal sehat. Tapi, isu soal masa depan Dani Pedrosa di bawah ini bisa dipertanggugjawabkan, meski judulnya tetaplah sebuah isu.

Teka-teki di mana DP musim depan tetap panas dan baru akan meledak di pertengahan musim ini.  Saat itu ketahuan persisnya karena semua tim akan memastikan pembalapnya musim depan mulai paroh musim. Posisi DP akan bergantung Jorge Lorenzo bertahan di Yamaha atau dicaplok dan disandingkan dengan MM di Repsol Honda.

Menurut artikel panjang lebar di Majalah Motociclismo terbitan Spanyol, ada dua skenario buat DP. Kalau JL tak jadi ke Honda maka posisinya aman. Tapi, ada tapinya bos, gaji DP bakal berubah nominal dan formatnya. Gajinya yang 6 juta Euro per tahun turun jadi hanya 1,5 juta Euro, namun dengan tambahan bonus khusus jika menang per seri dan makin besar jika sukses juara dunia.

Bila JL ke Honda maka pilihan terbaik DP hengkang ke Suzuki yang tengah serius memasuki musim 2015 dalam status full pabrikan. Kabarnya nih Suzuki rela gelontorkan dana 8 juta Euro atau setara dengan Rp 126 miliar per musim untuk merayu DP. Itu jelas masih jauh di bawah nilia Rossi dan JL di Yamaha, dan kabarnya juga di bawah nilai kontrak baru MM di HRC.

Logis bayaran barunya di Honda maupun tawaran Suzuki.  Dari awal Suzuki ngin pembalap punya skill agar bisa membawa mesin 1000cc mereka sampai limit. Bukan teori lagi, prakteknya pengembangan hanya bisa maskimal jika motor bisa digeber sampai limit. So, proyek Suzuki yang bernilai puluhan juta Euro ini sepertinya mustahil  diletakkan hanya buat pembalap kelas menengah. Dalam deretan pembalap papan sekarang ini hanya opsi DP yang terbuka. Begitulah masbro cerita singkatnya! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Mugello Italia: Pikiran Lorenzo Hanya Juara, Nggak Mikir Musuh

MotoGP 2014 Jelang Mugello Italia: Siapkan Selebrasi Unik, Rossi Bicara Kehormatan

MotoGP 2014 Jelang Mugello Italia: Katanya RC213V Marquez Pakai Barang Ilegal, Logika Tekniknya?

MotoGP 2014 Jelang Mugello: Strategi Pedrosa, Kejar Marquez Atau Bendung Rossi?

 

BAGIKAN