nhk

MotoGP 2014 Jelang Mugello; Pol Tambah Modal ke Tim Pabrikan Yamaha

ManiakMotor – Dua bulan ke depan, bursa pembalap MotoGP bakal liar, jangan salah baca itu bukan pembalap liar. Masih ada tiga tempat di tim pabrikan  Honda dan Yamaha yang kosong.

Dari empat punggawa The Fantastic Four, baru Marc Marquez yang sudah pasti, lantaran sudah teken kontrak hingga 2016. Dani Pedrosa belum jelas apakah masih abertahan di Repsol Honda atau tidak. Rumor yang berkembang, statusnya bergantung pada keputusan Jorge Lorenzo, apakah tergoda hengkang ke Honda atau tetap di Yamaha.

Di sisi lain Valentino Rossi pun belum perpanjnag kontrak, namun gejalanya akan bertahan di Yamaha. Lagi-lagi baru isu dan prediksi nih. Jika JL ke Honda, maka Pedrosa punya tempat di Suzuki yang jadi tim pabrikan di musim 2015. Lantas siapa yang jadi team mate Rossi menunggang M1?

Jawabannya adalah Pol Espargaro. Ia punya kontrak eksklusif dengan Yamaha Factory Racing saat direkrut dari kancah Moto2 tahun lalu. Juara dunia Moto2 2013 itu disebut-sebut sebagai prioritas promosi manakala salah satu dari Rossi atau Lorenzo keluar dari Yamaha. Pol pun dibekali M1 yang mnirip-mirip pabrikan musim ini guna memantapkan akselerasi perkembangannya di atas M1.

Pol sendiri mengaku happy di Monster Yamaha Tech3, namunh sangat jelas berambisi promosi ke tim pabrikan Yamaha. “Tapi, itu tergantung pada Valentino dan Jorge serta Yamaha. Jika mereka bertahan, berarti saya tetap di tim ini,” ucap Pol berdiplomasi.

Modal Pol hanyalah berprestasi dari sekarang. Adaptasinya di atas M1 mulai berbuah saat runner-up di sesi Q2 GP Prancis lalu dan finish ke-4. Hanya berjarak setengah detik dari zona podium. “Di Jerez  tertinggal 27 detik dari pembalap tercepat, kini dipangkas jadi 3 detik. Itu kemajuan pada pengembangan motor maupun diri sendiri. Tetap maju dengan bekerja keras dan meningkatkannya,” tegas adik kandung Aleix Espargaro (Yamaha FTR) yang juga musuh bear Maec Marquez itu.

Setelah seri Mugello, sirkus MotoGP akan mampir di GP Catalunya, kandang para pembalap Spanyol.  Tak harus menang. Andai konsisten di lima besar saja maka itu adalah modal besar ke tim pabrikan, berbarengan dengan silly season  saat bursa kontrak pembalap biasanya gonjang-ganjing. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Mugello: Marquez Bilang Bisa Dikalahkan Rossi

MotoGP 2014 Jelang Mugello: Rossi Nilai Marquez Yang Beda, Bukan Honda

MotoGP 2014 Le Mans (Race): Hanya Mukjizat Yang Bisa Tolong Lorenzo

MotoGP 2014 Le Mans (Race): Bautista Podium, Ancaman Rossi di Mugello

 

BAGIKAN