nhk

MotoGP 2014 Jelang Philip Island, Australia: Alzamora Berhasil Menenangkan Marquez

 

 

ManiakMotor – Emilio Alzamora namanya kini sejajar dengan pelatih-pelatih balap motor dunia. Ia telah  mengantar Marc Marquez menjadi juara dunia dua kali MotoGP dan yang kedua dituntaskan di Motegi, Jepang. Sebentar lagi juga akan mengawinkan juara dunia Moto3 2014 lewat adiknya Marc, yakni Alex Marquez.

Alzamora yang mantan juara Dunia GP125 itu bukan hanya mentor seorang juara dunia, tapi boleh membentuk permainan Marquez seperti sekarang. Permainan yang menyerang dan aktraktif dengan teknik terbaru MotoGP modern. Memoles skill dan memompa nyatli bimbingannya. “Bakat harus diolah sejak dini dengan tepat,” jalas Alzamora suatu ketika.

Dia pula yang terus menenangkan Marquez saat menghadapi Motegi. Di markas Honda itu, ia ingin anak didiknya merayakan juara di situ tanpa harus menunggu di tiga sisa seri. “Wajar pembalap akan tertekan untuk penentuan juara. Apalagi telah terjadi dua kesalahan dari Marc seperti di Misano dan Aragon. Seperti ini harus diingatkan untuk bermain seperti biasanya danmm itu bisa karena  Marc cerdas,” jelas Alzamora.

Kalau cerdas memang mudah diajari, hehe. Malah petunjuk dari pelatih berkembang sendirinya buat yang IQ-nya tinggi, hehehe lagi. “Tentu ada beberapa tips tambahan membuatnya tenang berlomba. Dia harus melupakan Jorge (Lorenzo), Valentino (Rossi) dan Dani (Pedrosa). Dia harus fokus memainkan ritme membalapnya dengan tenang,” tambah Alzamora.

Okelah, pelatih yang lebih tahu strategi yang dimainkan ketimbang pelakunya. Pelatih juga tak harus juara dunia MotoGP, tapi punya talenta sebagai pengajar. Alzamora kini sudah sejajar dengan Alberto Puig yang saat ini sedang mendidik anak-anak Asia di Asia Talent Cup. Atau di Jepang sama dengan Youichi Ui.

Jauh sebelumnya atau era 90-an ada Kenny Roberts SR. Roberts adalah mantan juara dunia GP yang di era Alzamora juga pernah melatih anak-anak muda Spanyol, maka lahir seperti nama Alzamora itu sendiri yang jadi pelatih. Dan silakan lihat perkembangan Spanyol sekarang. Bisa dilihat pula dari menu latihan sehari-hari Marquez dengan dirt track yang dibawa Roberts dari Amerika untuk melatih fisik dan hendling pembalap aspal. Kira-kira begitu, pak! Ito

BACA JUGA

MotoGP 2014 Motegi (Pasca Race): Ducati Makin Mantap, Tak Siap Jadi Juara

MotoGP 2014 Motegi (Pasca Race): Manusia Biasa Yang Cemen, Rekor Tambahan Marquez

MotoGP 2014 Motegi (Pasca Race): Lorenzo Pastikan Duel Segi Tiga Di 3 Seri Sisa

MotoGP 2014 Motegi (Race): Rossi Sulit Kalahkan Marquez Karena Punya ‘Sesuatu’

 

BAGIKAN