nhk

MotoGP 2014 Jelang Philip Island: Duel Rossi, Lorenzo, dan Pedrosa, Bridgestone Beri Ban Khusus

 

ManiakMotor – Benar lho, duel lanjutan MotoGP memang berada di pinggir pantai Laut Pasifik Selatan, persisnya Philip Island, Australia. Duel segitiga para senior Marc Marquez yang masih menarik ditunggu. Semoga makin menarik setelah Bridgestone memasok ban khusus untuk ronde ke-16 yang berlangsung 19 Oktober 2014 itu.

Agar tak terjadi flag-to-flag race macam tahun lalu, pabrikan ban Jepang ini menyediakan ban asimetris khusus edisi GP Australia 2014. Namanya khusus, berarti ban ini ndak dipakai di trek lain. Juga ndak dijual di mana-mana. Dua sisi ban berbeda. Sesuai tikungan Philip Island yang 7 kanan dan 5 kiri, maka sisi luar ban bagian kanan dibuat lebih tebal  dari kiri. Intinya demi keamanan dan kenyamanan pembalap.

Itu juga hasil riset panjang Bridgestone di Philip Island setelah peristiwa tahun lalu yang aspal barunya sangat cepat menggerus ban. Tahun lalu daya tahan ban tak lebih dari 14 lap, makanya diputuskan flag-to-flag race dengan penggantian motor di tengah balapan. “Kini pembalap bisa melakukan 27 lap sesuai aturan di Australia,” janji Shinji Aoki, manajer motorsport Bridgestone.

Kata Aoki, ban khusus itu hasil tes dari berbagai varian. Antara lain dengan tes khusus melibatkan pembalap pabrikan Honda dan Yamaha di awal musim lalu. Tinggal tunggu apakah Rossi, Lorenzo atau Pedrosa yang diuntungkan untuk dapatkan poin lebih banyak? Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Philip Island: Marquez & Pedrosa, 21 Oktober Geber RC213V Di Sentul

MotoGP 2014 Jelang Philip Island, Australia: Rossi, Lorenzo, dan DP Saling Gempur, MM Pengacau

MotoGP 2104 Jelang Philip Island: Kemungkian Marquez Ikut Jejak Rossi, Tinggalkan Honda?

MotoGP 2014 Jelang Philip Island, Australia: Alzamora Berhasil Menenangkan Marquez

BAGIKAN