nhk

MotoGP 2014 Jelang Qatar: Ban Paling Krusial, Pedrosa Cermati Aleix

ManiakMotor  – Di tengah kesehatan Marc Marquez yang belum stabil, favorit juara GP Qatar jatuh pada Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa. Soal ancaman, jelas datang dari Valentino Rossi yang kudu membuktikan ia juga bisa cepat saat balapan, bukan cuma kala tes.

JL dan DP sama-sama sebut soal ban faktor penting sejak sesi freepractice (FP) di Losail. Nah, FP1 sudah berlangsung Kamis, 20 Maret 2014, jam 10 malam di Indonesia. Bedanya, JL meyoroti ban spek 2014 dipakai tim pabrikan ‘rada-rada’. JL malah sempat menudung ban tersebut tak cook buat M1. Padahal, lay-out Losail sudah sangat ideal dengan karakter Lorenzo dan motornya yang doyan putaran tinggi, sirkuitnya lebar, rpm minta dipanteng terus.

Sebaliknya DP, sama sekali tak ada problem dengan ban tipe baru itu. Namun menyoroti ban khusus yang digunakan para kontestan Open Class (OC) macam Aleix Espargaro. Aleix  sepanjang tes pra musim tampil prima dan dianggap ‘kuda hitam’ yang naik kuda besi Yamaha FTR. Dalam tes terakhir di Losail, Aleix mencatatkan waktu 1:54,874 yang sangat mepet dengan rekor-rekor Losail. 

Jadi, ada kemungkinan justru Aleix yang mengancam peluang The Fantastic Four ke podium. DP yakin ban belakang OC yang komponnya lebih lunak dari ban tim pabrikan bakal memberikan keuntungani buat Aleix, khususnya saat kualifikasi dan balapan dalam cuaca sejuk, lantaran malam di padang pasir. 

Selain siap melawan duet JL-Valentino Rossi plus Marquez, maka DP pun merasa wajib mencermati Aleix sejak sesi kualifikasi dan balapan. Itu demi ambisi jadi juara di Qatar. DP sudah harus maksimal sejak sesi kualifikasi. “Berada di front row selalu lebih bagus ketimbang baris kedua. Dan, sangat penting untuk berada di depan anak-anak itu di lap pertama,” katanya. 

JL, Rossi dan MM dan lainnya pun beranggapan sama. Jadi, ya seperti biasa, pertarungan sengit sudah akan terhampar sejak sesi kualifikasi. Khususnya Q2. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Losail Qatar: Lorenzo Mulai Jaga Rossi Yang Lapar Juara

MotoGP 2014 Losail Qatar: Berjalan Belum Lancar, Marquez Tes Diri di FP1

MotoGP 2014 Losail Qatar: Umur 35, Masihkah Rossi…?

MotoGP 2012 Losail Qatar; Semua Target Podium, Termasuk Rossi Dijumpa Pers

MotoGP 2014 Jelang Qatar; Livery Movistar Yamaha M1 Rossi-Lorenzo, Rossi Kian ‘Pede’

 

 

 

 

BAGIKAN