nhk

MotoGP 2014 Jelang Sepang: Bukan Marquez, Tapi Antara Rossi Dengan Pedrosa

 

ManiakMotor – Bicara data dan fakta, Valentino Rossi dan Dani Pedrosa layak diunggulkan di edisi GP Malaysia 2014 yang sesi awalnya mulai Jumat (24/10) pagi. Pada tes Februari silam di Sepang, The Doctor dan DP silih berganti saling mengungguli. Keduanya mencatat best time sama persis, yakni 1:59.000. Ya, benar-benar sama alias selisih nol detik.

Tradisi dan sejatinya hasil test itu jadi setingan dasar tampil sejak hari pertama di Sepang. Kalaupun ada perubahan hanyalah penyesuaian kondisi trek terkini dan terutama suhu udara dan suhu lintasan. Tentu yang disesuaikan penggunaan ban, tekanan ban dan kemudian disesuaikan dengan setelan suspensi yang dibaca dari semua sensor eletronik.

Keduanya pun punya reputasi hebat di Sepang, sirkuit campuran cepat dan lambat yang menjadi favorit mereka. Rossi 5 kali menang MotoGP di sana, sementara DP  juara 2012 dan 2013. Saat di kelas 125 dan 250 cc pun DP terbilang oke di Sepang. “Karakter sirkuit campuran lambat, cepat dan trek-trek lurusnya tantangan di Sepang. Begitu pula cuacanya yang sangat panas. Tapi, saya selalu nyaman di sana. Targetnya menang agar bisa kembali ke perebutan posisi runner-up,” ujar DP yang sudah lakukan adaptasi cuaca di Sentul sekaligus promosi Honda, sebelum ke Sepang pada 21 Oktober 2014.

Rossi pun tak kalah bergairah. “Akan coba kembali jadi juara, tapi yang utama menguatkan posisi sebagai runner up. Sepang adalah sirkuit yang baik buat saya, walau cuaca di sana sangat panas, tapi umumnya saya selalu tampil baik,” tegas Rossi yang malah leabih waspada pada teman setimnya, Jorge Lorenzo ketimbang Pedrosa. Maklum, Pedrosa karena tak finish di Australia kini sudah tertinggal dari Rossi 25 angka dan Lorenzo 8 angka.

Tapi bila acuannya data, Lorenzo bisa dikesampingkan. Ia tak pernah menang di Sepang. Begitu pun Marc Marquez yang jelas mengatakan Sepang bukan trek  disukainya. Ia tak pernah juara di sini, termasuk saat ia dominan di Moto2 (2011 dan 2012). Tahun lalu sebagai debutan MotoGP, MM finish runner up di belakang DP. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Sepang: Tak Kecewa Dipecat, Burgess Nilai Rossi Sangat Berkembang

MotoGP 2014: Untuk Gelar MotoGP, Tinton Sebagai Pengelola Sentul Tunggu Aksi Pabrikan

MotoGP 2014: Marquez-Pedrosa Bikin Rekor Baru di Sentul Dengan CBR150R Dan RCV

MotoGP 2014 Sepang (Jelang): Marquez Ingin Duel Dengan Alex, Burn Out Pakai CBR150R Lokal Di Sentul

MotoGP 2014 Marquez Salam Dua Jari Dari Atas RC213V-nya Di Sentul

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353