nhk

MotoGP 2014 Jelang Silverstone: Ducati Luncurkan Desmosedici GP14,5 di Aragon

ManiakMotor – Teregister di Open Class digunakan Ducati untuk bebenah diri. Di kelas Open ini mereka bisa berkreasi lebih luas dengan aturan 12 mesin per tahun. Setiap saat mereka boleh berkesperimen pada mesin gress. Hitungannya  hampir setiap seri mereka pakai mesin baru tersebut.

Dari situ coba memproduksi motor terbaru Ducati yang mereka namai Desmosedici GP14,5 pada GP Aragon bulan depan. Dibilang 14,5 karena itu motor masih gado-gado, kombinasi dari sejumlah item GP14 dengan komponen buat GP15. Inilah cikal bakal Dicati GP15 bertarung musim 2015.

Tentu saja targetnya mendekatkan diri dengan Honda dan Yamaha. Seperti telah disinggung sebelumnya, mesin Desmo rancangan Luigi Dalli’Igna  dimensinya lebih kecil dari spek sebelumnya. Dimensi kecil ini hitungannya satu paket dengan rangka dan dimensi kesuluruhan bodi. Ya jelas tanpa menghilangkan ototnya, bila perlu power ditambah.

Dengan mesin mungil itulah, kinerja rangka dan suspensi lebih simpel. Fokus Dall’Igna sih, agar Ducati cepat tengok-tengoknya di sudut-sudut tikungan dan sekaligus menghilangkan penyakit understeering. “Motor ini beda. Banyak perubahan signifikan,” ucap Pakbos Ducati Corse Paolo Ciabatti, tanpa bilang apa saja yang signifikan itu.

Si Desmo GP14,5 hanya akan meluncur dengan joki Andrea Dovisiozo. Ia dianggap kapabel dengan prestasinya dua podium dan tiga start front row 2014. Cal Crutchlow yang masih resmi milik Ducati pun tak diberi akses apa-apa soal teknologi baru itu. “Bukan berarti kami tak menyukai Cal. Saat punya sesuatu yang kaitannya dengan pengembangan teknologi, normal jika tidak melibatkan sesorang yang akan pergi,” ujar Ciabatti soal Crutchlow yang akhir musim ini akan pindah ke LCR Honda.

Dimaklumilah Pakbos. Di Indoprix saja mekaniknya punya rahasia masing-masing, apalagi di MotoGP! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Silverstone Inggris: Giliran Lorenzo Bendung Marquez?

MotoGP 2014 Silverstone Inggris (Jelang): Valentino Rossi Bidik Podium

MotoGP 2014 Jelang Silverstone Inggris: Jika Tak Pegal Linu, Marquez Yakin Menang

MotoGP 2014 Jelang Silverstone Iggris: Test Privat Misano, Ducati Sedetik Lebih Cepat

 

BAGIKAN