nhk

MotoGP 2014 Jelang Silverstone Inggris: Bridgestone ke Michelin, Honda Waswas

 

ManaiakMotor – Honda ketar-ketir dengan beralihnya pemassok ban tunggal MotoGP  dari Bridgestone ke Michelin. Itu sama saja dari pabrikan Jepang ke Prancis? Belum lagi Michelin sempat punya hubungan baik bersama Valentino Rossi. Makanya bos HRC Shuhei Nakamoto sudah memprediksi dampaknya.

Fakta bahwa Honda memborong 11 seri lomba musim ini, rodanya pakai Bridgestone ‘spek’ 2014. Marc Marquez dan Dani Pedrosa tak pernah mengeluh karena mereka mudah menset-up di semua sirkuit. Beda dengan lawan utama dari kubu Yamaha. Rossi dan Jorge Lorenzo acap stress berat pada karet hitam. Ujungnya mereka pun berucap barang itu memang hanya cocok buat Honda.

Nakamoto mengakui timnya memahami karakter ban itu lebih mudah. “Sekitar 80% diliasai karakter Bridgestone. Itu setelah menjalani riset panjang di semua area. Baik mesin maupun komponen pendukungnya. Berbagai macam model sasis, swingarm, opsi geometri diriset sesuai ban. Itu butuh waktu dan budget yang sangat besar,” kata Nakamoto soal formulanya.

Pergantian pemasok ban tunggal MotoGP 2016 mendatang mulai bikin Nakamoto waswas. Bukan saja dana, tapi potensi Honda meguasai balapan meskipun punya rider sekelas Marquez. “Sudah pasti biaya besar untuk riset. Jika bisa 70% saja memahami Michelin, yakin Honda akan kompetitif dengan Yamaha. Tapi, jika hanya 50% akan sulit membendung Yamaha dan tak bakal sebagus musim ini meski Marquez pembalap hebat,” tandas Nakamoto yang analisanya acap manjur.

Dia sih tak sebut hubungan Rossi dan Michelin. Hanya portal ini yang menghubung-hubungkan. Di era Michelin bersama Bridgestone satu sirkuit, Rossi bisa dibuatkan kompon yang pas sesuai suhu saat itu. Itu ban diracik dalam sehari di sirkuit. Hal itu banyak diprotes dan muncul ban tunggal! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Silverstone Inggris: Rossi-Lorenzo Nafsu Sasis 2015 di Sisa Musim, Stabil..!

MotoGP 2014 Jelang Silverstone Inggris: Marquez Tolak Main Ganda

MotoGP 2014 Jelang Silverstone Inggris: Nih Sebab Lorenzo Mulai Menanjak

MotoGP 2014 Test Brno: Bridgestone Kenalkan Ban Depan Asymmetric

BAGIKAN