nhk

MotoGP 2014 Jelang Silverstone Inggris: Smith Si Local Hero, Diajari Ulang Oleh Mamola


 

ManiakMotor – Kontrak Bradley Smith hanya diperpanjang setahun di Monster Yamaha Tech3, sampai ujung 2015 doang.Tapi, itu pun sudah layak ia syukuri karena hampir terpental dari sirkus MotoGP.

Sadar banyak kelemahan dengan Yamaha M1, mantan penggeber Moto2 itu pun berusaha keras menyesuaikan riding style-nya. Gaya berhubungan dengan gerakan membalap untuk lincahnya motor dan tentu saja tetap cepat di tikungan. Sebab M1 yang digunakannya sepesifikasinya persis milik Jorge Lorenzo di akhir musim 2013. Berarti M1 generasi pertama menggunakanSSG (seamless shift gearbox).

Ia akui saking kencangnya itu motor, malah nggak kepegangan alias kekecangan dibanding keterampilannya. Ada teknik-teknik tertentu yang tidak bisa dilapal Smith, lantaran gaya yang keliru. Ia kesulitan membawanya sampai batas maksimal. Itu sebab ia perlu ubah taktiknya. Caranya belajar pada pembalap legendaries Randy Mamola.

Mamola mencermati seluruh aksi Smith saat balapan. Memfoto dan merekamnya dalam video, setelah itu menjelaskan apa yang harus dilakukan dan apa yang diharamkan. Hasilnya, Smith  lebih pede, kan dengan teknik yang benar motor akan laju dengan aman. Dan, itu juga bekal penting ke seri Silverstone akhir pekan nanti.

Sebagai rider kebanggaan Inggris, ia bertekad tancapkan hasil terbaik musim ini. Setidaknya jadi pembalap satelit terbaik atau masuk 5 Besar. Itu lompatan prestasi dari musim lalu yang finish ke-9 di GP Inggris. “Kondisi saya musim ini benar beda dengan musim lalu. Saya tak sabar menggeber M1 di Silverstone,” katanya.

Smith memang jadi harapan publik Inggris di Silverstone.  Cal Crutchlow yang juga jagoan Inggris sepertinya sulit bercerita dengan Ducatinya. Ia tak didukung spek terbaru Desmosedici GP14 karena pasti hijrah ke LCR Honda musim depan. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Silverstone Inggris: Dovi Bertahan di Ducati Karena Gigi

MotoGP 2014 Jelang Silverstone Inggris: Bridgestone ke Michelin, Honda Waswas

MotoGP 2014 Jelang Silverstone Inggris: Rossi-Lorenzo Nafsu Sasis 2015 di Sisa Musim, Stabil..!

MotoGP 2014 Jelang Silverstone Inggris: Marquez Tolak Main Ganda

 

 

BAGIKAN