nhk

MotoGP 2014 Jelang Tes Philip Island (Asutralia): Buktikan Rossi – Pedrosa! Lorenzo Diuji

 

ManiakMotor – Di Malaysia, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo terang-terangan menuduh ban baru spek 2014 hanya cocok buat Honda. Bagaimana di trek Philip Island, Australia, 3-5 Maret ini?

Seperti sampeyan tahu, tes Philip Island memang khusus menguji ban baru Bridgestone. Agar ban itu tahan lama buat di trek pinggir laut itu. Penyelenggaraan GP Australia tahun lalu berantakan akibat ban botak (slick) itu lebih cepat botak. Maksudnya komponnya cepat habis bro. Makanya ada pitstop segala.

Meski program inti mencari dan menentukan jenis karet, kesempatan  menjajal performa mesin, sasis, elektronik, suspensi, dan rem yang telah diutak-atik sesuai regulasi 2014. Apakah sanggup terima akeselrasi. Lalu, tak goyang-goyang melakukan rumus klasik balap motor out-in-out alias menuju tikungan keluar dulu, masuk dan di ujung tikungan pasti keluar lagi. Tapi nggak keluar lintasan dalam arti sesungguhnya, hehe. Tapi ke jalur paling luar… sampeyan juga tahulah.

Bagi Rossi dan Dani Pedrosa penting untuk mendeteksi konsisten kecepatan motor mereka dari Sepang apakah bisa cepat juga di Philip Island. “M1 saya di Sepang sangat kompetitif dalam dua kali tes. Buat kami, penting juga mengetahui performanya pada trek yang berbeda,” ujar The Doctor yang butuh bukti lanjutan kalau spek M1 saat ini memang sudah klop dengan riding style-nya. Maklum di depan coy di test Sepang 2.

Pedrosa baru saja mampir di Jakarta. Sayangnya, tes lanjutan itu tak diikuti Marc Marquez sehingga tak ada komparasi langsung dengan lawan berat mereka. Sedang Lorenzo ini ujian jelang seri pembuka GP Qatar pada 23 Maret mendatang. Sudah siapkah JL memasuki kompetisi musim ini dan bersaing berebut gelar dunia?

Babak belur dalam dua tes Sepang, tes Philip Island akan jadi acuan penting seberapa siap JL dan M1-nya memasuki balapan sebenarnya. Jika masih tak mumpuni di Philip Island, jelas sekali JL tak akan bisa berdalih pada ban, karena semua pembalap menguji ban yang sama dan melintas di trek yang sama pula.  Terlebih M1 Rossi masih kompetitif di sana. Bisa juga sebaliknya, inilah saat JL unjuk diri dan balik mempermak Rossi dan Pedrosa. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014; Dua Kali Test, Aleix Konstan 5 Besar, Rossi Waspada!

MotoGP 2014; Pedrosa Muncul Di Jakarta, Dukung Pembalap Astra Honda Racing Team

MotoGP 2014: Cal Ikhlas Ducati Turun Pamor ke Open Class

MotoGP 2014 Tes Sepang2: Lorenzo Nyerah di Sepang, Kembali Persoalkan ban

MotoGP 2014 Tes Sepang2: Puas Simulasi, Pedrosa Songsong Philip Island

MotoGP 2014 Tes Sepang 2: Rossi Tercepat Merasa Kompetitif, Dua Tahun Lagi di Yamaha

 

 

 

 

BAGIKAN