nhk

MotoGP 2014 Jelang Tes Sepang: Yamaha Tech3 Perhitungkan Open Class

 

ManiakMotor – Yamaha YZR-M1 milik tim satelit Tech belum tentu mengusung SSG seperti harapan Bradley Smith.  Baru saja ada isu Aprilia pakai SSG untuk pacuan 2014-nya. Tertinggalkah Tech3?

Sebelum tes berlangsung memang belum ada fakta apa pun seputar Open Class yang baru diluncurkan musim ini. Semuanya masih main elmu kira-kira. Begitupun kemungkinan sengitnya perlawanan joki Open Class kepada para pembalap tim satelit. Apalagi melihat hasil test pertama di Valencia.

“Pengembangan teknologi Yamaha memang selalu terpusat pada tim pabrikan. Tapi, saya yakin Yamaha juga mengusung teknologi mumpuni untuk tim satelitnya. Saya dan Pol (Espargaro) siap bertarung dengan apa yang diberikan musim ini,” ujar Smith sepertinya pasrah.

Seperti tradisi sebelumnya, Smith yakin lawan mereka adalah sesama pembalap tim satelit. Di sana ada dari kubu Honda macam Stefan Bradl (LCR) dan Alvaro Bautista (Gresini). Tapi, di luar mereka, ia memberi catatan khusus buat Yamaha FTR di Open Class yang bakal dibesut Aleix Espargaro dan Colin Edwards.

“Saya tak tahu detil sepesifikasinya. Tapi, berdasarkan data yang ada, kami tak bisa mengabaikan sesama Yamaha di Open Class. Mereka punya bahan bakar dan power lebih. Saya yakin Yamaha memberikan dukungan teknologi terbaiknya di kelas ini sesuai regulasi,” katanya.

Jadi, sebelum melirik kekuatan tim satelit Honda dan Ducati, tugas pertama Smith dan Pol adalah menjaga agar jangan sampai dikecundangi Yamaha FTR, baik di kualifikasi maupun balapannya. Itu artinya aib. “QTT akan sangat ramai karena mereka punya kelebihan tersendiri,” tambahnya.

Iyalah, kalau nggak bikin ramai ya buat apa Dorna mikir capek bikin regulasinya. Semoga saja begitu nantinya, biar saling tempur antara tim satelit dan Open Class juga bisa jadi hiburan tersndiri. Andro

BACA JUGA

 

 

BAGIKAN