nhk

MotoGP 2014 Jelang Test Sepang: Gemuruh Open Class, Ada Isu SSG di Aprilia

 

ManiakMotor – Tak hanya perang Yamaha dan Honda di kelas pabrikan yang layak tunggu pada tes perdana di Sepang, 4-6 Februari 2014. Dua merek ini juga tarung di Open Class, strategi baru pengganti kelas CRT guna mendongkrak greget  MotoGP. Menarik bagaimana dua merek top itu dilawan para pembesut Kawasaki dan Aprilia.

Nama tenar macam Nicky Hayden dan Scott Redding diprediksi sebagai joki utama Honda RCV1000R. Sementara Aleix Espargaro dan Colin Edwards akan melawan dengan Yamaha FTR. Merekalah yang head to head dengan pemacau Kawasaki macam Hector Barbera dan Aprilia dipacu Danilo Petrucci dan Leon Camier. Juga ada Ducati lewat Yonny Hernandez. Wah, lengkap dong di Open Class.

Belakangan Kawasaki dan Aprilia jadi jagoan di kancah WSBK. Dan, Open Class inilah sarana mereka untuk bikin hitung-hitungan dengan Honda dan Yamaha di kelas para raja. Yang paling ditunggu aksi Aprilia karena tahun lalu merajalela di  CRT lewat Aleix. Saat itu Aprilia meluncurkan pacuan dengan basis  Aprilia RSV4 yang dominan di WSBK dan membawa Max Biaggi jadi juara dunia.

Musim 2014 Aprilia muncul dengan  pengembangan sebagai persipan jadi tim pabrikan musim 2015. Motor yang dibesut Petrucci dan Camier lewat tim Lodaracing itu sudah berteknologi pneumatic valve, dan isunya juga mengusung teknologi Seamless Shift Gearbox alias SSG. Kalau 2013 saja berjaya, macam mana kira-kira kiprahnya musim 2014?

“Itu yang jadi penantian banyak orang. Akan diketahui potensinya pada saat kami nanti beradu dengan Honda, Yamaha, dan Kawasaki,” ucap Camier yang jebolan papan atas WSBK. Jika benar Aprilia bawa SSG pastinya ini akan jadi perbincangan menarik mengingat Yamaha sendiri baru mengembangkan sistem itu sejak pertengahan musim 2013.

Sampai saat ini belum ada kepastian apakah M1 milik tim satelit Tech3 akan dibekali SSG juga atau tidak. Makanya ada kemungkinan pula para pelakon Open Class bisa bersaing rapat dengan tim satelit Honda maupun Yamaha nantinya. Mungkin lho! Andro

BACA JUGA

Jelang Test MotoGP 2014 Sepang, Malaysia; Rossi Cs Berusaha Kebentuk Asli

MotoGP 2014: Livery M1 Lorenzo-Rossi Bisa Berubah, Masuknya Movistar..?

MotoGP 2014 Remy Gardner Dimatangkan, Penerus Stoner Masa Depan

MotoGP 2014: 28 Februari, Status Ducati Ditentukan

 

 

 

BAGIKAN