nhk

MotoGP 2014 Jelang Valencia: Banyak Tikungan Kiri, Ini Trek ‘Milik’ Pedrosa, Bukan Rossi?

 

ManiakMotor – Sebagai pembalap kidal, bukan rahasia lagi kalau Dani Pedrosa adalah jagoan di sirkuit yang dominan tikungan kiri dan anticlockwise (bertentangan dengan arah jarum jam). Buktinya di Valencia, doski adalah ‘raja sehari’. Itu bertolak belakangan dengan omongan Valentino Rossi yang mengaku kurang suka dengan Valencia.

DP memang raja balapan di sirkuit Valencia yang terdiri dari 9 tikungan kiri dan 5 ke kanan. Di antara semua pembalap, ia paling sakses di sana dengan 6 kali menang.  Masing-masing di MotoGP (2007, 2009, 2012), GP 250cc (2004, 2005) dan GP125cc (2002).  Rossi yang sudah malang melintang di balap dunia dalam 18 tahun ini, baru dua kali menang di Valencia (2003 dan 2004), itu pun saat The Doctor muda.

Kali ini target DP tetaplah sebuah kemenangan meski tak mungkin lagi naik posisi dua atau tiga di klasemen. Menang atau kalah sama saja, tetap ke-4 kejuaraan dunia 2014. “Saya ingin mengakhiri musim ini dengan kemenangan, Valencia selalu jadi trek istimewa buat saya. Antusiasme fans selalu besar di sini dan membuat atmosfer tersendiri,” ucap Pedrosa yang baru sekali menang 2014.

Ucapan DP memang benar adanya. Trek Valencia yang super modern itu bisa menampung 150.000-an penonton meski panjang lintasannya hanya 4,005 km. Soalnya terdapat sejumlah tribun yang mengitari lintasan dan di situlah penonton beraksi dengan berbagai perilaku. Uniknya, penonton terpecah karena bukan hanya fans DP, tapi juga penggemar rider Spanyol lainnya macam Jorge Lorenzo, Marc Marquez, duo Espargaro, bahkan Alvaro Bautista.

Jadi, buat rider Spanyol memang wajib hukumnya untuk tampil seapik-apiknya di Valencia. “Saya sering bagus di sini. Saya ingin ulangi itu dan siap terung merebut kemenangan pada raceday Minggu nanti,” cerocos DP.

Kita lihat nanti karena MM dan JL yang sesama Matador pun punya tekad serupa, belum lagi Rossi yang ingin bertahan di runner-up. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Valencia: Marquez Santai Wae, Ingin Perlawanan Rossi Cs

MotoGP 2014 Jelang Valencia; Partai Final, Rossi Dikepung 6 Matador

MotoGP 2014 Jelang Valencia: Yamaha Klaim Girboks Dan Pengereman M1 Rossi Dan JL Sudah Paten

MotoGP 2014 Jelang Valencia: Suzuki Perlu Tim Satelit, Lagi Cari Tuh

BAGIKAN