nhk

MotoGP 2014 Jelang Valencia: Mainkan 5 Joki, Tetap Sulit Buat Ducati

ManiakMotor – Di tengah pertempuran tiada henti antara Honda dengan Yamaha, mungkinkah Ducati jadi ancaman seperti di masa lalu? Sejak menghelat MotoGP pada musim 1999, secara sporadis dua kali Ducati memenangi GP Valencia. Dua-duanya lewat rider Australia, masing-masing Troy Bayliss (2006) dan Casey Stoner (2008).

Jangankan mengulang reputasi Bayliss dan Stoner, untuk sekadar manggung di podium pun sepertinya sulit buat pabrikan Ducati. Padahal Ducati  tampil dengan 5 joki di atas Desmosedici di Valencia ini. Andalan utama tetap Andrea Dovizioso. Selain rekan setim Cal Crutchlow dan dua rider Pramac (Andrea Iannone dan Yonny Hernandez), Ducati juga memainkan pembalap ke-5 lewat jatah wild card Michele Pirro.

Fakta sejarah bikinan Bayliss dan Stoner tak bisa diandalkan sama sekali karena begitu banyak yang berubah. Sejak awal Dovi pesimistis, ia sangat tak suka pada tipikal sirkuit Valencia yang anticlockwise. “Bukan saya saja, banyak pembalap lain yang sama sekali tak suka dengan karakter Valencia yang sangat berbeda dengan trek lain. Akan sulit, tapi tetap harus tampil maksimal melanjutkan pengembangan motor,” ujar Dovi.

Ia sendiri punya kenangan manis saat podium ke-3 di Valencia musim 2011. Saat itu ia tarung panjang dan saling salip dengan Dani Pedrosa sebagai bintang tuan rumah, sama-sama pakai RC213V karena Dovi masih gabung di Repsol Honda. “Itu satu-satunya memori mengesankan di Valencia,” lanjut Dovi yang tidak berangan-angan naik podium lagi.

Bagi Cal, inilah partai perpisahan setelah semusim dengan Ducati. Tahun depan doski mulai membesut RC213V milik tim satelit LCR Honda. Meski ingin tampil hebat di kesempatan terakhirnya, tapi apalah yang bisa ia janjikan kecuali semangat, semangat, dan semangat. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Valencia: Saatnya Suzuki GSX-RR Diajak Tarung Sungguhan

MotoGP 2014 Jelang Valencia: Banyak Tikungan Kiri, Ini Trek ‘Milik’ Pedrosa, Bukan Rossi?

MotoGP 2014 Jelang Valencia: Marquez Santai Wae, Ingin Perlawanan Rossi Cs

MotoGP 2014 Jelang Valencia; Partai Final, Rossi Dikepung 6 Matador

BAGIKAN