nhk

MotoGP 2014 Jelang Valencia: Saatnya Suzuki GSX-RR Diajak Tarung Sungguhan

 

ManiakMotor – Sudah sampai di mana top speednya, sudah sampai di mana akselerasinya, sudah di mana system pengeremannya yang berhubungan dengan distribusi bobotnya dan sudah sampai di mana keseimbangan beloknya? Itulah yang disebut riset dari rancang-bangun Suzuki GSX-RR di MotoGP. Hal itu hanya boleh diukur di lomba sebenarnya yang atmosfernya beda dengan testing.

Suzuki akan tahu betul posisi mereka pada 7 – 9 November 2014 di sirkuit Valencia kali pertama diajak tarung sungguhan di medan laga. Joki yang dapat tugas itu Randy de Puniet yang dua tahun ini terlibat poses membangun GSX-RR. Beberapa kali sebelumnya ia juga dapat wild card untuk balapan resmi, tapi fokusnya tetap pada proses pengembangan. Beda kali ini, dites sampai limit untuk mendeteksi seperti kalimat pembuka dengan Honda, Yamaha, dan Ducati.

“Ini kehormatan buat saya. Tak ada target khusus dari Suzuki. Saya juga tak punya beban. Tapi inilah uji coba dalam format balap sungguhan. Jadi tempat untuk mengukur GSX-RR,” ujar Puniet yang tahun depan masih jadi tester regular sembari ikut di WSBK selaku pembalap pabrikan Suzuki.

Untuk persiapan jatah wild card yang terbilang spesial ini, bulan lalu De Puniet dan kru teknis Suzuki melakukan tes privat di Valencia. Hasil tes lumayan kencang, tapi masih harus ditunggu apakah cukup kencang melawan Honda dan Yamaha, atau setidaknya Ducati pada raceday sebenarnya di GP Valencia nanti.

Sebab belum apa-apa Puniet mengaku sudah sadar yang dari mimpi, hehe. “Saya sadar akan sulit temukan pace ideal saat balapan. Ini hanyalah sebuah balapan sebagai hadiah untuk saya. Perlu sekali mengetahui hasil akhirnya setelah dua tahun melakukan persiapan,” ujar Puniet.

Ya jangan menyerah dulu bro lawan sampai titik penghabisan. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Valencia: Banyak Tikungan Kiri, Ini Trek ‘Milik’ Pedrosa, Bukan Rossi?

MotoGP 2014 Jelang Valencia: Marquez Santai Wae, Ingin Perlawanan Rossi Cs

MotoGP 2014 Jelang Valencia; Partai Final, Rossi Dikepung 6 Matador

MotoGP 2014 Jelang Valencia: Yamaha Klaim Girboks Dan Pengereman M1 Rossi Dan JL Sudah Paten

BAGIKAN