nhk

MotoGP 2014 Jelang Valencia: Stoner Muncul di Motegi, Rossi Ingatkan Duel Maut

ManiakMotor – Munculnya Casey Stoner di Sirkuit Motegi, Jepang, memang hanya ngetes RCV213V spek 2015. Tapi, itu cukup untuk mengusik memori Valentino Rossi yang menempatkan Stoner sebagai musuh besar.

Di mata dan di dalam hati The Doctor, Stoner adalah lawan abadi. Ia adalah musuh yang mengasyikkan, dalam arti benar-benar menjadi pesaing tangguh  dan tanpa hiraukan resiko. Sangat bandel dan motivasi mereka untuk saling mengalahkn selalu besar. Agak beda duel Rossi dan Marc Marquez yang bagi Rossi, Marc hanya lawan mantan idolanya.  

Karena itu Rossi tak ragu memilih duel versus Stoner pada GP Laguna Seca 2008 adalah duel maut. “Saya banyak melakukan duel keras dengan pembalap lain, termasuk Dani (Pedrosa), Jorge (Lorenzo), dan beberap kali dengan Marc. Dari semuanya, melawan Casey di Laguna Seca 2008 yang memacu adrenalin. Kami bolak-balik saling susul dan saling pepet dari berbagai sudut,” ujar Rossi yang memenangi duel itu dengan selisih 13 detik akibat Stoner yang jatuh di lap terakhir.

Selisih 13 detik itu juga menggambarkan betapa jauhnya pembalap ketiga di belakang mereka. Itu juga terbilang kontroversial karena Rossi sempat menyalip Stoner lewat jalur off road yang memunculkan pro dan kontra sah tidaknya balapan. Ironisnya, Rossi lantas disalip Marquez pada GP Laguna Sca 2013 dengan cara dan tempat yang sama.

“Marc memang cerdas. Ia mempelajari semua gaya balap musuh-musuhnya, itu sudah dimulai sebelum jadi pembalap regular di kejuaraan dunia,” kata Rossi. Hal itu pun diakui Marquez usai kalahkan Rossi di Laguna Seca. “Saya lihat video duel Vale dan Casey dan saya ikuti saja apa yang dilakukannya,” katanya.

Sayang, Stoner tak lagi minat balik ke MotoGP setelah dua musim ini pensiun. Padahal, Rossi masih ingin melanjutkan duel, dan tntunya hal sama diinginkan Marquez. Nah, buat sampeyan yang dulu nggak sempat lihat duel sengit Rossi vs Stoner di Laguna Seca, silakan klik dan nikmati rekamnanya di sini: http://www.youtube.com/watch?v=JY9mrKR5SkA. Andro

BACA JUGA

MotoGP: Kata Gibernau, Tantangan Marquez Berat 2015, Bila Rossi, Pedrosa, Dan Lorenzo Di TOP Performa

Asia Talent Cup 2015: Indonesia Dapat Jatah Dua Pembalap, Gerry Dan Andi..!

MotoGP 2014 Jelang Valencia: Stoner Tuntaskan Misi, Siapkan Motor Marquez Dan Pedrosa

MotoGP 2014 Jelang Valencia: Ngambek Pada Yamaha, Akhirnya Rossi Ngaku Salah

BAGIKAN