nhk

MotoGP 2014 Jelang Valencia: Stoner Tuntaskan Misi, Siapkan Motor Marquez Dan Pedrosa

ManiakMotor – Test RC213V di Motegi, Jepang, memang bukan tes biasa. Testernya bukan orang biasa dan hasilnya pun pasti nggak biasa. Dengan status dua gelar dunia dan kondisi fisik masih oke, Casey Stoner tuntaskan misi spesial di Motegi. Ia geber RC213V dengan setingan milik Marc Marquez dan Dani Pedrosa saat GP Jepang dua minggu lalu, kemudian membuat analisa dan seterusnya membandingkan dengan set-up pilihan Stoner. Semuanya dengan ban Bridgetone.

HRC (Honda Racing Corporation) dalam rilisnya ke portal ini memang tak mencantumkan perbandingan waktu dari varian set-up itu. Mungkin rahasia kaleee! Tapi, masukan Stoner pastilah berharga dan butuh analisa. Analisanmya pada  tahun lalu Stoner pula yang ngetes RCV dengan pola yang sama, dan hasilnya Marquez dan Pedrosa memborong 13 juara  musim ini dari total 18 seri dan masih ada satu lagi di Valencia. Ttahun ini, hasil test Stoner motor  yang mau di semua karakter sirkuit, udah nggak pilih-pilih.

Begitu tugas Stoner di hari pertama. Pada hari terakhir Kamis (30/10), giliran RC213V spesifikasi 2015 dibetot untuk dua kepentingan. Pertama tentu untuk persiapan Marquez dan Pedrosa masuk musim 2015 dengan karakter ban Bridgestone saat ini. Termasuk juga menganalisa pengembangan mesinnya yang belakangan mulai ditekan musuh, terutama masih kalah sikit pada tikungan cepat.

Saat-saat terakhir, Stoner ngetes karet hitam pada roda RCV dengan Michelin. Pabrikan Prancis ini jadi pemasok ban tunggal MotoGP mulai 2016. Ia bandingkan dengan kedua jenis ban berbeda itu. Bagaimana plus minus dan catatan waktunya, saat ini bukanlah untuk diumbar kepada publik. Cukup jadi masukan buat para insinyur HRC untuk menindaklanjutinya.

Begitu Brosist tugas dan kewajiban Stoner, seorang test rider berkelas dunia. “Setahun tak di atas RCV sama sekai tak bikin kagok. Saya pakai set-up Marc dan Dani. Lalu mendalami semua sisi, satu demi satu. Spek 2015 juga dicoba. Saya hanya jalankan test untuk mengumpulkan data. Test berlangsung positif dan saya senang menjalankannya,” ujar Stoner yang juga mengakui menemukan beberapa hal berbeda dan menarik yang menjadi bahan diskusi tim.

Sayangnya, apa yang beda dan menarik itu tak ia ungkapkan. Kan rahasia bro! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Valencia: Ngambek Pada Yamaha, Akhirnya Rossi Ngaku Salah

MotoGP 2014 Jelang Valencia: Stoner Mulai Ngetes RC213V Spek 2015

MotoGP 2014 Jelang Valencia: 12 Podium 2014, Rossi Serasa Juara Dunia

MotoGP 2014 Jelang Valencia: Marquez dan Rabat Tinggal Tunggu Alex Jadi Trio Jurdun

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353