nhk

MotoGP 2014 Jelang Valencia: Suzuki Perlu Tim Satelit, Lagi Cari Tuh

 

ManiakMotor – Agar bisa menyaingi pabrikan Honda, Yamaha dan Ducati, tim Suzuki MotoGP kudu membentuk tim satelit. Di masa depan tim pendamping ini dibutuhkan semabagi opini tambah dalam  proses pengembangan motor.

Itu pandangan test rider Randy de Puniet yang dua tahun ini meracik berbagai data di lapangan. Atas masukannya terjadilah ramuan  Suzuki GSX-RR yang musim depan dibesut Aleix Espargaro dan Maverick Vinales di kancah MotoGP.

Katanya tak cukup hanya dua motor dengan insinyur sepeda motor racing yang itu-itu saja. Dibutuhhkan banyak otak dan motor. “Makanya butuh dua motor lagi dari tim berbeda. Seperti Honda, Yamaha, dan Ducati yang jelas memetik keuntungan dari sisi riset darii tim satelit. Tapi ini tentu kaitannya dengan biaya,” ujarnya.

Usulan De Puniet semata demi kepentingan Suzuki. Bukan karena ia tak terpilih sebagai rider ke MotoGP. Soal ini ia akui memang kecewa meski akhirnya bisa memaklumi kenapa Suzuki lebih pilih Espargaro dan Vinales ketimbang dirinya. “Saya sudah 34 tahun dan Suzuki butuh joki-joki yang lebih muda dan agresif. Bisa dimaklumi pilihan kepada Aleix dan Maverick, kecuali jika nantinya mereka tak lebih cepat dari saya.”

De Puniet akui hubungan dengan Suzuki sangat baik dan pabrikan Jepang itu puas dengan hasil tes dan pengembangan yang dilakukan. Posisinya tetap sebagai test rider, sekaligus menjadi pembalap pabrikan Suzuki di kancah WSBK 2015. “Ambil positifnya saja, mungkin ini saatnya ganti haluan. Lebih baik di WSBK dengan potensi tarung ke podium ketimbang hanya finish ke-10 atau 12 di MotoGP,” tegasnya.

Benar tuh. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Valencia: Kabar Terbaru…! Stoner Rider Ke-3 di Repsol Honda?

MotoGP 2014 Jelang Valencia: Honda Ingin Stoner Tetap Geber RC213V

MotoGP 2014 Jelang Valencia: Stoner Muncul di Motegi, Rossi Ingatkan Duel Maut

MotoGP: Kata Gibernau, Tantangan Marquez Berat 2015, Bila Rossi, Pedrosa, Dan Lorenzo Di TOP Performa

BAGIKAN