nhk

MotoGP 2014 Jelang Valencia: Yamaha Klaim Girboks Dan Pengereman M1 Rossi Dan JL Sudah Paten

 

ManiakMotor – Ada dua menurut bos Movistar Yamaha, Lin Jarvis perbaikan signifikan pada Yamaha M1. Yakni giboks dan pengereman. Keduanya ditenggarai biang ketertinggalan dari Honda dari awal seri 2014 dan bisa diatasi di paruh musim 2014 sehingga bisa mendekati Honda. Termasuk nanti di seri pamungkas MotoGP di sirkuit Valencia, Spanyol pada 9 November nanti. Habis itu diperbaiki lagi saat test pramusim 2015 di tempat yang sama pada M1 terbaru edisi tahun depan.

Memang keduanya perangkat luar dari mesin. Tapi mesin kencang percuma dengan gangguan dua item tersebut. Engine M1 yang bertenaga saat ini bisa diantar dengan baik dan halus oleh girboks M1, kira-kira begitu menurut Jarvis. Cerita girboks yang saat ini sedang ditingkatkan adalah SSG alias seamless shift gearbox.

“Girboks kami saat ini sudah ada perbaikan dari detil-detil yang harus dikembangkan. Ini salah satu bagian peningkatan dari kelemahan kami dibanding Honda,” jelas Jarvis pada salah satu koran ngetop di Italia dalam rangka suksesnya Yamaha mendekati Honda akhir-akhir ini.

Soal SSG memang Yamaha tertinggal dari Honda, karena Honda memang yang memperkenalkan barang itu. Malah kata Valentino Rossi, yang sedang giat dibenahi pada SSG dalam hal turun gigi. SSG Yamaha katanya belum sehalus Honda saat terjadi deselerasi akibat perubahan reduksi menurunkan kecepatan. Bisa saja itu telah berhasil ditanggulangi yang disebut Jarvis.

Jarvis yakin bahwa Yamaha berada pada level yang sama dari sisi teknis dengan Honda di masa kini yang tinggal satu seri lagi di Valencia dan masa datang untuk kompetisi 2015. Sebab katanya, ya kata dia punya orang si Jarvis itu, bukan hanya girboks yang meningkat, juga pengereman. Pengereman ini yang sejak test pramusim tahun lalu sampai awal seri 2014 yang dikeluhkan Rossi terus-terusan dan sesekali oleh Jorge Lorenzo.

Karena Rossi yang banyak mengeluh, pengembangan tentu sebagian besar datang dari Rossi. Maka kata Jarvis pengereman dari suku cadang Brembo sampai dengan engine brake telah banyak progresnya, tak menganggu distribusi bobot. “Pokoknya Yamaha telah banyak kemajuan sejak paruh musim dan terbukti ada tiga Yamaha podium di Australia. Girboks oke dan rem paten sedetil-detilnya sampai hal kecil ditingkatkan,” jelas Jarvis.

Soal detil-detil yang kecil itu yang maksudnya finishing. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Valencia: Suzuki Perlu Tim Satelit, Lagi Cari Tuh

MotoGP 2014 Jelang Valencia: Kabar Terbaru…! Stoner Rider Ke-3 di Repsol Honda?

MotoGP 2014 Jelang Valencia: Honda Ingin Stoner Tetap Geber RC213V

MotoGP 2014 Jelang Valencia: Stoner Muncul di Motegi, Rossi Ingatkan Duel Maut

 

BAGIKAN