nhk

MotoGP 2014: Jerez Hilang Dari Tes, Ganti Losail

ManiakMotor – Dalam tradisi lama MotoGP, Sirkuit Jerez di Spanyol sono selalu menjadi ajang winter test yang sangat penting buat tim dan pembalap. Karakter Jerez dianggap sirkuit di tengah-tengah. Tapi 2014 sirkuit ini dihapus dari testing pramusim.

 Gantinya, tiga agenda tes resmi berlangsung di Asia yang sayangnya bukan ke Sirkuit Sentul. Sepang di Malaysia dan Losail di Qatar menjadi ajang tes resmi pra musim 2014. Sepang dapat jatah dua kali, masing-masing 4-6 Februari dan 26-28 Februari. Sedangkan Losail kebagian pada 4-6 Maret. Losail inilah yang menggantikan posisi Jerez.

Jerez diganti dengan dua alasan. Pertama jelas karena faktor biaya untuk memangkas dana transportasi. Sebelumnya masing-masing tim pergi ke Malaysia lebih dulu, kemudian ke Jerez, dan balik lagi ke Asia untuk seri pembuka di GP Qatar dan balik lagi ke Eropa.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Sampeyan tebak-tebak saja berapa banyak dolar terbuang untuk tiket pesawat dan pengapalan logistik. Alasan kedua karena belakangan tim-tim MotoGP merasa kurang maksimal pada tes Jerez karena seringnya cuaca jelek di trek terkenal itu. Hujan mulu Bro!

Nah, mulai musim depan, semua logistic tim dan promoter Dorna akan ngendon empat bulan di bumi Asia. Mulai dari tes perdana dan kedua di Sepang, selanjutnya tes Qatar sekaligus menunggu seri pembuka pada April. Mudah-mudahan saja tak jadi karatan kena hawa Asia hehehe.

Kalau tes MotoGP full Asia, sebaliknya pada tes resmi Moto3 dan Moto2 yang Insya Allah masih akan diikuti Doni tata Pradita dan Rafid Topan Sucipto itu. Tiga agenda berlangsung di Spanyol, masing-masing Valencia (11-13 Februari) dan Jerez (18-20 Februari dan 10-12 Maret). Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013 Brno Ceko (Jelang); Honda Tak Gentar Tes Awal Yamaha

MotoGP 2013 Brno Ceko (Jelang): Insiden Ducati Di Indy Hanya Motivasi Selanjutnya

MotoGP 2013 Brno Ceko (Jelang): Tunggu Gebrakan Pedrosa

MotoGP 2013 Brno (Jelang): Rossi Diuntungkan Test Awal, Sektor 1 Dan 3 Milik M1 Di Ceko

BAGIKAN