nhk

MotoGP 2014 Jerez Jelang FP3-Q2: Ancaman Nyata Aleix, Sesama Matador Spanyol

 

 

ManiakMotor – Aleix Espargaro pun orang Spanyol seperti Marc Marquez, Dani Pedrosa, dan Jorge Lorenzo. Semangat tempurnya pun berlipat kala main di Jerez di depan publik sendiri. Targetnya, menyikat salah satu dari trio pabrikan itu agar dapat tempat di podium.

Ancang-ancang rider Forward Yamaha FTR yang mengendalikan M1 kualitas  Open Class ini layak diperhitungkan. Ia tercepat di sesi FP1, waktunya pun untuk akumulasi hari pertama dengan 1:39,357 paling singkat. Otomatis waktu yang ia peroleh jadi target lawannya  dalam sesi sepanjang Sabtu (3/5) ini. Di suhu panas pada sesi siang hari, Aleix pun tetap tokcer bisa  kedua di bawah Marquez.

Bila balapan sendiri-sendiri seperti latihan dan  kualifikasi, M1 Aleix jelas punya potensi di Jerez. Beda saat lomba yang menjadi kombonasi fulus, eh dana eh duit. Maksudnya motor yang dielus dengan duit, seperti milik pabrikan elit yang jelas unggul. Kan milik elit, rangka selalu baru, suspensi selalu segar, sirkuit elektronik programnya tanpa diserang virus dan sebagainya. Di sana juga ada sumber daya yang jempol semua.

Jadi, motor pabrikan lebih empuk mengitari 27 lap di Jerez, tak bikin capek pembalapnya dan pasti konsisten setiap lap-nya. Nah, di situ kalahnya motor Aleix saat lomba. Jangankan dengan pabrikan dengan motor-motor tim satelit saja, kuda besi Aleix bisa kalah tenang, karena kalah dana. 

Aleix boleh saja podium bila stamina dan nyalinya berlipat untuk menahan roda bergeser, sasis bergetar, dan sebagainya kekurangan motor non pabrikan dalam 27 lap. “Saya cetak best time dengan ban belakang ekstra soft. Sesi sore dengan ban keras, saya seperti melaju di atas es. Sangat licin karena tak punya grip dalam temperature lintasan yang mencapai 50oC. Moga kecepatan ini bisa sampai race, diprediksi cuaca saat lomba juga panas,” cerita Aleix yang tanpa menjawab soal analisa portal ini.

Yang jelas, sejak dari test pramusim sampai masuk seri pertama di Qatar, Aleix sering bikin kejutan. Kejutannya di sesi latihan dan kualifikasi, tapi belum sekalipun sukses naik podium di raceday.  “Prioritas saat ini adalah bagaimana mencapai podium yang saya impikan,” tandasnya.

Sikat bro! Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Jerez, Spanyol, Semua Sesi & Kelas, 2, 3 – 4 Mei 2014

MotoGP 2014 Jerez Jelang FP3-Q2: Sasis Baru M1, Bikin Lorenzo Mulai Terbang

MotoGP 2014 Jerez Jelang FP3-Q2: Suhu Trek Makin Panas, Marquez Pun Makin Hot

MotoGP 2014 Jerez Spanyol Jelang FP3/Q2; M1 Rossi Pakai Sasis Baru, Oke Katanya..!

MotoGP 2014 Jerez Spanyol: Marquez Tercepat Latihan Bebas Ke-2

 

BAGIKAN