nhk

MotoGP 2014 Jerez Jelang FP3-Q2: Saat Genting Valentino Rossi, Soal Masa Depan

ManiakMotor – Jauh hari Valentino ‘The Doctor’ Rossi sudah patok enam seri awal 2014 untuk ukur diri. Apakah masih layak tarung atau sudah saatnya ke luar arena alias pensiun. Ronde empat MotoGP di Sirkuit Jerez, Minggu (4/5) salah satu yang penting sekaligus genting.

Tiga ronde berlalu di Qatar, Austin, dan Argentina, The Doctor baru sekali podium. Di Austin dan Argentina gagal meskipun tetap saja dijuluki The Doctor. Jika konsisten dengan omongannya, selayaknya VR46 naik podium lagi di Jerez. Jika gagal maka kesempatan terbaiknya tinggallah di GP Prancis (16-18 Mei) dan GP Italia di Mugello yang sarangnya tifosi Rossi.

Bila enam putaran awal banyakan finish ke-4 maka itu bukanlah peningkatan. Tahun lalu dengan M1 yang setelannya belum sesuai maunya saja, ya sudah begitu. Dengan spek M1 2014 yang dibangunnya sendiri plus SSG, nyatanya baru podium sekali. Sesi awal Jerez dilakoni dengan sasis baru M1 – yang pasti karakternya seleranya Rossi, memang tak buruk-buruk amat, tapi riskan bidik podium. Apalagi lawan beratnya para pembalap tuan rumah didukung penonton.

Di kandang matador itu ia sudah cetak 8 kemenangan, enam di kelas para raja. Di depan publik Spanyol ia telah lakukan berbagai selebrasi nyeleneh yang menghibur. Rossi sudah tekuk banyak pembalap tuan rumah, namun publik Jerez tak membecinya. ‘Rakyat’ Jerez masih hormat  yang akan ia perjuangkan pada raceday Minggu (4/5).

Seperti seri sebelumnya, yang bikin pusing Rossi adalah kinerja ban belakang dan depan, mau tipe keras maupun medium. “Masalah stabilitas pengereman sedikit tertolong dengan sasis baru M1. Sekarang tetap berpikir performa ban pada suhu lintasan yang panas,” keluhnya, dan itu juga dikeluhkan rider lain termasuk Marc Marquez yang selama ini jarang nyentil kualitas ban.

Rossi adalah The Doctor, sudah terbiasa menghadapi kendala di lintasan. Bila Silvano Galbusera bisa temukan set-up berbeda tapi kinclong, niscaya Rossi bisa naik panggung bersama anak-anak Spanyol. “Waktu dengan empat pembalap lain tak terlalu jauh. Itu menunjukkan arah setingan sementara ini sudah tepat,” tambah Rossi yang ingin peningkatan signifikan pada sesi Sabtu (3/5) ini.

Kolo saran portal ini, jangan bernafsu ke podium. Tetapi bermainlah tenang dan bagus, hasilnya juga akan podiun. Niscaya akan lupa pensiun. Wah, jangan ngajarin ikan menyelam, dong. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Jerez, Spanyol, Semua Sesi & Kelas, 2, 3 – 4 Mei 2014

MotoGP 2014 Jerez Jelang FP3-Q2: Ancaman Nyata Aleix, Sesama Matador Spanyol

MotoGP 2014 Jerez Jelang FP3-Q2: Sasis Baru M1, Bikin Lorenzo Mulai Terbang

MotoGP 2014 Jerez Jelang FP3-Q2: Suhu Trek Makin Panas, Marquez Pun Makin Hot

MotoGP 2014 Jerez Spanyol Jelang FP3/Q2; M1 Rossi Pakai Sasis Baru, Oke Katanya..!

 

 

 

BAGIKAN