nhk

MotoGP 2014 Jerez (Jelang Race): FIM Berlakukan Aturan Baru Wet Race

 

ManiakMotor – Di sela semaraknya GP Spanyol di Jerez, Sabtu (3/5), FIM dan Dorna kembali utak-atik regulasi. Kali ini soal wet race atau balapan kala hujan turun.

Peristiwa di GP Australia, Philip Island, musim lalu jadi acuannya. Walau berbeda kasus, tapi penerapannya sama. Kala itu setiap pembalap masuk pit untuk ganti ban dan sekalian motornya.

Pola itu yang kini ditetapkan sebagai aturan baku di MotoGP. Jadi, kalau hujan turun, pembalap tak lagi perlu berteduh hehehe. Maksudnya, balapan terus dilangsungkan! Tak ada pemangkasan lap atau penghentian lomba seperti regulasi sebelumnya. Hanya ganti motor yang sudah dipasangi ban basah.

Ditegaskan pula kalau dalam aturan ini setiap motor cadangannya sudah harus dilengkapi ban basah (wet tyre). Ya iyalah. Tak boleh kembali ke lintasan dengan ban slick, misalnya dengan pemikiran hujan akan segera reda.

Sayangnya tak disebut dalam regulasi baru ini seandainya beberapa lap kemudian cuaca kembali kering. Apakah tetap dengan wet tyre atau lagi-lagi ganti motor? Di website FIM saja belum keluar petunjuk teknisnya. Katanya sih detil regulasi ini akan segera dikeluarkan. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Jerez, Spanyol, Semua Sesi & Kelas, 2, 3 – 4 Mei 2014

MotoGP 2014 Jerez (Jelang Race): Lorenzo Tampil Beda Di Garis Start

MotoGP 2014 Jerez (Jelang Race): Marquez Masih Ragu Menangkan Balapan

MotoGP 2014 Jerez Spanyol (Jelang Race); Rossi Grid Ke-4 Terbaik Dari 3 Ronde, Ban Masih Spin

MotoGP 2014 Jerez Spanyol Q2; Marquez Tercepat Kualifikasi, Pecahin Rekor

 

BAGIKAN