nhk

MotoGP 2014 Jerez (Jelang Race): Marquez Masih Ragu Menangkan Balapan

ManiakMotor – Sampeyan bosan atau ndak, itulah faktanya kalau Marc Marquez (Repsol Honda) masih sangat dominan musim ini. Meski start lagi dari pole position empat seri berurutan, MM toh masih ragu atau bisa juga merendah untuk meraih menguasai Jerez, Minggu (4/5).

Lagi-lagi MM memprediksi sulitnya menaklukan Jerez, satu-satunya sirkuit kalender 2014 yang belum pernah ia juarai. Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha) dan rekan setim Dani Pedrosa justru dianggap punya peluang untuk kembali jadi kampiun Jerez, tak cuma karena history mereka di sana tapi juga performa keduanya di sesi FP maupun Q2.

Kata Marquez ia tidak menduga hasil pole sitter, lantaran doski hanya punya sekali kesempatan ketika ketiga kali masuk paddock. “Balapanlah yang paling penting. Yakin deh Jorge dan Dani selalu kuat di trek ini, sekarang saya selevel dengan mereka,” ucap MM usai memecahkan rekor kecepatan Jerez milik JL yang dibuat musim 2008, dari 1:38,189 menjadi 1:38,120.

MM memang cerdik berstrategi. Saat Q2 misalnya, ia putuskan tiga kali keluar dalam sesi 15 menit itu masing-masing dengan ban depan berkarakter lembut. Setiap keluar ia hanya lakukan sekali flying lap dan pada kesempatan terakhir (lap ke-8) sukses mencetak rekor. “Itu diminta pada Santi (Kepala Mekanik) dan kami mengkalkulasi semua kemungkinannya. Ban depan itu hanya dipakai masing-masing sekali timing,” cerita MM yang ditulisan cepat di portal dikira ada masalah, ternyata strategi.

Seperti MM, Pedrosa pun tak berani makan gabah, eh maksudnya gegabah menarget untuk juara ulang di Jerez seperti musim lalu. Meski start front row, ia paham kapasitas lawan dan motivasi tinggi masing-masing di kandang sendiri. “Hanya ingin melakukan start bagus, seterusnya pasti juga bagus sepanjang balapan,” tukas DP singkat-singkat saja.

Mau mbosenin atau tidak, silakan sampeyan tunggu prajurit Honda itu bisa lagi-lagi finish 1-2 atau ndak? Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Jerez, Spanyol, Semua Sesi & Kelas, 2, 3 – 4 Mei 2014

MotoGP 2014 Jerez Spanyol (Jelang Race); Rossi Grid Ke-4 Terbaik Dari 3 Ronde, Ban Masih Spin

MotoGP 2014 Jerez Spanyol Q2; Marquez Tercepat Kualifikasi, Pecahin Rekor

MotoGP 2014 Jerez Spanyol FP4; Marquez Tercepat Latihan Bebas Ke-4, Trek Sangat Panas

MotoGP 2014 Jerez Spanyol FP3; Pedrosa Tercepat Latihan Bebas Ke-3, Rossi Ke-4

 

BAGIKAN