nhk

MotoGP 2014 Jerez Spanyol Jelang FP3/Q2; M1 Rossi Pakai Sasis Baru, Oke Katanya..!

ManiakMotor – Dari akumulasi free practice 1 dan 2, Velentino Rossi hanya ke-6 di sirkuit Jerez, Spanyol, Jumat 2 Mei 2014. Doski direpot dengan set-up suspensi dan ban akibat perubahan drastis cuaca di Jerez. Dibilang drastis, lantaran Jerez di siang harinya tiba-tiba terik bangat. Fuanas euy..!

Ditambah lagi, di Jerez ini Rossi  menggunakan sasis aluminium twin tube delta box yang tyerbaru. Pastilah itu sasis multi setting pada geometrinya khas M1. “Coba sasis berbeda hari ini (Jumat 2 Mei), fokus pengujian terutama untuk stabilitas saat dipakai pengereman. Kesan pertama sih oke,” jelas Rossi dengan nada yang bersemnagat.

Katanya, sasis baru ini hanya ‘langkah kecil’ untuk memperbaiki hendling M1-nya. Sasis tersebut akan kembali disesuaikan dengan set-up Jerez pada FP3 dan nantinya akan diuji kencang-kencangan saat kualifikasi, Sabtu 3 Mei di Heres. Pastilah setelannya akan satu paket dengan suhu trek yang mencapai 50oC pada hari Jumat. Maksudnya, bila suhu trek tetap tinggi, settingan suhu tinggi ini yang dicari.

Teriknya Jerez yang tiba-tiba itu membuat kru Movistar Yamaha MotoGP yang menangangi M1 Rossi terbatas waktunya.  Mereka  tak punya kesempatan untuk menyetel motor sesuai maunya ban, eh, trek, eh Rossi. Ah pokoknya saling berkaitanlah. “Karena suhu tinggi, trek Jerez jadi  berminyak, ban depan dan belakang sulit dapat grip,” jelas The Doctor yang catatan waktunya di FP2 lebih pelan dari FP1.

Rossi tidak hirau ke-6. Alasannya, bukan hanya dia yang ingin cepat di FP2 namun tidak berhasil akibat trek tadi. Motor sulit dikontrol saking licinnya. Panas ini pula jadi jawaban kecepatan FP2 lebih rendah dari FP1 yang berlangsung pagi. Tentu bukan hanya Rossi, tapi hasil di results semua joki kendur. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Jerez, Spanyol, Semua Sesi & Kelas, 2, 3 – 4 Mei 2014

MotoGP 2014 Jerez Spanyol: Marquez Tercepat Latihan Bebas Ke-2

MotoGP 2014 Jerez FP1; Aleix Tercepat, Tiga Spanyol Menyusul Latihan Bebas Pertama

MotoGP 2014 Jelang Jerez: Marquez Bisa Lampaui Rekor Rossi dan Samai Doohan

MotoGP 2014 Jelang Jerez: Marquez, Pedrosa, Rossi Dan Lorenzo, Ngotot Podium..!

BAGIKAN