nhk

MotoGP 2014 Jerez Spanyol (Jelang Race); Rossi Grid Ke-4 Terbaik Dari 3 Ronde, Ban Masih Spin

 

ManiakMotor – Sebenarnya di qualifying 2, Valentino Rossi nyaris front row. Saya saja, di akhir-akhir sesi di sirkuit Jerez, Spanyol yang berlangsung Sabtu itu, ia dilengeserkan Dani Pedrosa. Tapi keempat sudah disyukuri pembalap yang dibayar Movistar Yamaha MotoGP tersebut lantaran itu yang terbaik dari tiga seri lalu soal posisi start.

Dari layar kaca sih, sejak sesi latihan sampai kualifikasi ada perubahan pada M1 The Doctor. Rossi bisa bermanuver-manuver lebih cekatan dengan M1 yang di Jerez ini menggunakan sasis baru. Lebih agresif, namun di saat yang sama, itu motor  lebih anteng berlarinya. Intinya Rossi tak banyak mengoreksi laju M1-nya untuk menempatkannya pada racing line Jerez. Mengalir dah. Itu kelihatannya brosiist.

Apa benar gitu Doc?  “Ya, ya, saya sudah coba untuk berusaha ketiga, tapi itu sulit. Toh, dari semua sesi sebelumnya sampai kualifikasi, saya tidak terlalu jauh dari tiga terdepan, Catatan waktu saya pun bisa diandalkan. Saya cukup puas, terutama kinerja motor,” jelas Rossi sembari menunjuk M1 di garasi timnya.

Kata Rossi, masih ada yang akan disetel agar akselerasi dan grip bannya seirama. Pada suhu trek yang meningkat sampai 50oC di asapal Jerez, ban yang ia gunakan masih ada gejala spin. Cerita spin, rodanya ikut bergeser saat on throttle alias lagi digas. “Ada sesuatu yang harus diperbaiki dari gejala spin ini,” tutur Rossi tanpa menjelaskan sesuatu itu apa?

Kolo boleh dijawab sih, perbandiingan kompresinya jangan ketinggian Doc, akselerasi kelewat kuat hehe. Atau rebound Ohlins terlalu cepat,  harus dibikin lambat sikit. Husss, itu urusan Silvano Galbusera sebagai kepala mekanik. Dan Rossi akan raba-raba suhu untuk menentukan ban dipakai saat race. Termasuk spin tadi akan dibenahi dan dicoba di sesi warm-up. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Jerez, Spanyol, Semua Sesi & Kelas, 2, 3 – 4 Mei 2014

MotoGP 2014 Jerez Spanyol Q2; Marquez Tercepat Kualifikasi, Pecahin Rekor

MotoGP 2014 Jerez Spanyol FP4; Marquez Tercepat Latihan Bebas Ke-4, Trek Sangat Panas

MotoGP 2014 Jerez Spanyol FP3; Pedrosa Tercepat Latihan Bebas Ke-3, Rossi Ke-4

MotoGP 2014 Jerez Jelang FP3-Q2: Saat Genting Valentino Rossi, Soal Masa Depan

 

BAGIKAN