nhk

MotoGP 2014 Jerez Spanyol Q2; Marquez Tercepat Kualifikasi, Pecahin Rekor

 

 

ManiakMotor – Qualifying 2 atau kuallifikasi, tujuannya di balap motor mencari posisi start saat raceday nanti. Ah sampeyan juga tahu itu. Sama juga dengan Q2 seri 4 MotoGP yang berlangsung 2 Mei di srikuit Jerez, Spanyol, pembalap papan atas mati-matian untuk tercepat demi grid pertama. Ya paling tidak start dari front row. Hasilnya adalah…..

Sesi ini berlangsung di terik mentari untuk ukuran Eropa. Suhu trek saja sudah 50oC. Suhu yang diklaim pembalap kurang ideal untuk grip ban, lantaran aspal jadi lujmer dan berminyak, licin. Bahkan Marc Marquez nyaris jatuh saat FP4.

Seperti biasa, Q2 ada dua babak sesuai penggunaan ban. Ke-12 pembalap yang maju ke Q2, punya dua set ban.  Dengan ban pertama ini antara Marquez dan Jorge Lorenzo bersaing ketat, tapi catatan Lorenzo yang 1:38.541 lebih cepat 0.217 detik dari Marquez yang ke-2, sedang Dani Pedrosa agak out, ia hanya ke-3. 

Rata-rata kontestan memilih ban medium. Ya begitu kata komentatornya. Soalnya nggak kelihatan warna tanda tipe ban saat lagi melaju. Pokoknya begitu deh dan lanjut menggunakan ban kedua. Namun, motor Valentino Rossi masih sibuk dikutak-katik di dalam paddocknya. Padahal waktu tersisa tinggal 6 menit. Ada apa, Doc???

Di trek, indikator Marquez merah semua alias catatan sektor per sektor ia lebih cepat dari pada waktu Lorenzo tadi. Sayang belum berhasil dan sejurus kemudian Marquez malah masuk pit kedua kaliu. Demikian pula indikator motor Pedrosa. Lagi-lagi Pedrosa belum bisa mengutak-atik waktu Lorenzo. Sekali lagi Pedrosa mencoba dan masih gagal.

Ternyata eh ternyata Marquez kembali ke trek dan hanya butuh satu lap pecah-pecahin waktu Lorenzo yang lama bertahan. Marquez mencetak 1:38.120 dan sekaligus mengganti rekor best lap Jerez 1’38.189 atas nama Lorenzo yang dicetak 2008 dengan versi 800 cc. Rossi sendiri masih bisa balik tapi sulit melengserkan tiga Spanyol di tiga besar.

Hasil Marquez ini disambut aplus penonton di tribun Jerez. Plok, plok, plok… Ito 

 BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Jerez, Spanyol, Semua Sesi & Kelas, 2, 3 – 4 Mei 2014

MotoGP 2014 Jerez Spanyol FP4; Marquez Tercepat Latihan Bebas Ke-4, Trek Sangat Panas

MotoGP 2014 Jerez Spanyol FP3; Pedrosa Tercepat Latihan Bebas Ke-3, Rossi Ke-4

MotoGP 2014 Jerez Jelang FP3-Q2: Saat Genting Valentino Rossi, Soal Masa Depan

MotoGP 2014 Jerez Jelang FP3-Q2: Ancaman Nyata Aleix, Sesama Matador Spanyol

 

Hasil MotoGP Qualifying Nr. 2
 

 

BAGIKAN