nhk

MotoGP 2014 Jerez Spanyol (Race); Marquez Juaranya, Rossi Ke-2..!

 

ManiakMotor – Jerez terbagi tiga sektor dan tiga area untuk menyalib di sirkuit Jerez, Spanyol. Pembalap profesional di MotoGP sudah paham betul area-area tersebut saat berlaga di ronde 4 MotoGP 2014 pada Ahad, 2 Mei. Apalagi tiga pembalap papan atas Spanyol berada di tim elit. Merekalah yang ditunggu 117 ribu penonton yang hadir di Jerez.

Dan memang menarik di sirkuit klasik ini dengan masuknya Valentino Rossi di antara tiga Spanyol. Paling tidak itu awal-awal lomba. Soal pengatahuan Rossi pada sirkuit ini jelas ia sudah khatam. Lha wong, di sana dia juara berkali-kali kelas para raja dalam karirnya. Yang jadi tanda tanya, apakah Rossi bisa bertahan dari gempuran Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa yang menguntitnya dalam 7 lap yang telah berlangsung???

Nah, sembari menunggu apa yang terjadi, lantaran Marquez makin menjauh dari Rossi di lap ke-7 itu, maka iseng saja cerita Jerez. Sirkuit ini dikena lcocok buat merek apa saja yang main di MotoGP sekarang. Ini sirkuit yang jaraknya hanya 4.4 km, tapi 13 tikungan-tikungannya mengalir. Motor tidak mendadak mengerem deras atau akselerasi keras yang tiba-tiba. Pokoknya meluncur terus.

Tapi, begitulah area-area  tadi tak banyak berguna untuk salip-salipan lantaran sudah balap sendiri-sendiri, terutama Marquez yang tak terlihat oleh Rossi. Kata para komentator di facebook, sebaiknya Marquez boncengan saja bila balap, hehe. Sama juga dengan kata Rossi, satu-satunya yang bisa menghalanginya juara seri dalam usahanya tahun ini kembali ke podium hanyalah Marquez.

Apa punlah, inilah penampilan Rossi yang apik setelah di Qatar. Ini pula hasil dari sasis baru M1 yang katanya lebih oke dari yang lalu-lalu. Dan terlihat di layar kaca saat sesi-sesi latihan dan Q2, M1 Rossi lebih ‘tenang’ dan membuatnya nggak banyak mengoreksi. Itu kembali terdeteksi saat ia didekati Pedrosa di akhir-akhir lap. Dalam kodisi ban sudah mulai tergerus ia masih bisa menambah kecepatan. Faktanya 3 lap sebelum finish, ia bisa bikin 1 menit 40 koma besar atau setara Marquez. 

Dan ternyata lagi, stamina Rossi masih ada isinya bermain di suhu trek Jerez 50oC dan stamina Marquez lebih kuat sampai finish. Marquez juara, Rossi ke-2 dan Pedrosa ke-3. Ito   

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Jerez, Spanyol, Semua Sesi & Kelas, 2, 3 – 4 Mei 2014

Klasemen MotoGP 2014, Moto2 2014, Moto3 2014

MotoGP 2014 Jerez Spanyol; Lorenzo Tercepat Warm-Up, Marquez Dan Rossi Konsisten

MotoGP 2014 Jerez (Jelang Race): BMW M4 Coupe Tunggu Marquez

MotoGP 2014 Jerez (Jelang Race): FIM Berlakukan Aturan Baru Wet Race

 

Hasil MotoGP
Race Laps to go:0 laps
BAGIKAN