nhk

MotoGP 2014 Jerez Spanyol (Race): Rossi Berani Berjudi, Lorenzo Takut Cilaka

ManiakMotor –  Valentino Rossi buktikan diri masih layak tarung seperti laganya di seri 4 MotoGP 2014 di sirkuit Jerez, Spanyol pada 2 Ahad 2 Mei kemarin. Dua perjudian ia lakukan di Jerez dan sukses jadi runner-up. Perjudian tak sembrono karena itu diambil berdasarkan pengalaman.

Langkah pertama berisiko diambil The Doctor memutuskan pakai ban depan extra hard untuk mengarungi 27 lap perlombaan. Ia tinggalkan tipe medium yang dianjurkan karena berhitung daya tahannya sampai akhir lomba. Pilihan itu harus ekstre konsentrasi menekan suspensi depan saat menikung karena grip ban masih kurang di awal-awal lap.

Tapi Rossi sudah meledeni kecepatan Marc Marquez di lap-lap awal. “Itu harus saya ambil karena lebih lama bertahan. Jika pakai medium saya yakin akan habis di lap-lap akhir,” tutur Rossi yang meluncur dengan sasis terbaru M1, beda dengan Jorge Lorenzo yang kabarnya memutuskan pakai sasis lama jelang balapan.

Perjudian kedua dan naluri bertahan ketika Dani Pedrosa mendekat dan semakin dekat dalam tiga lap terakhir, khususnya saat final lap.  Meski di beberapa area ban belakangnya sudah geol-geol alias kehilangan grip, ia tetap push mencapai finish nomor dua tanpa mikir risiko jatuh atau tubrukan. Pokoknya runner-up, dah!

Di sisi lain JL mengaku kelelahan akibat kurang persiapan saat pramusim dan mudah disalip Pedrosa. Itu demi tiga kali operasi pengambilan pen dari tulang-tulangnya.  “Sepanjang balapan juga bertarung melawan ban belakang yang karakternya tak saya sukai. Di level MotoGP sedikit saja kekurangan membuat Anda sulit melawan pembalap terbaik. Saya memutuskan tak ngotot kejar Dani untuk perebutan podium. Yang dipikir mencapai finish, terhindar dari kecelakaan, dan memetik sejumlah poin,” tukas JL.

Khusus Rossi sebenarnya tanpa judi tersebut dan sudah disebut portal ini sejak sesi latihan bebas di Jerez, bahwa laju M1 Rossi dengan sasis baru berbeda dengan tiga laga sebelumnya. Rossi luwes membawa motor tersebut. Hasilnya memang di lomba tinggal Marc Marquez yang tak bisa ia kalahkan. Ya, kalau begitu silakan tunggu aksi Rossi berikutnya di Sirkuit LeMans, Prancis, akhir bulan nanti. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Jerez, Spanyol, Semua Sesi & Kelas, 2, 3 – 4 Mei 2014

Klasemen MotoGP 2014, Moto2 2014, Moto3 2014

MotoGP 2014 Jerez Spanyol (Race): Kado Pahit Buat Lorenzo di Minggu Kelabu

MotoGP 2014 Jerez Spanyol (Race): Rossi Memang The Doctor, Penantian 4 Tahun di Jerez

MotoGP 2014 Jerez (Race): Pedrosa Langsung Fight Lawan Marquez Di Test Jerez

 

 

BAGIKAN