nhk

MotoGP 2014 Jerez Spanyol (Race): Rossi Memang The Doctor, Penantian 4 Tahun di Jerez

 

ManiakMotor – Akhirnya Valentino Rossi bikin perbedaan di podium GP Spanyol, Sirkuit Jerez, Minggu (4/5). Ia sukses mencegah terjadinya all Spanish podium. Ia memecah trio matador berdiri di panggung juara. Itu beda dengan panggung sandiwara.

Apa boleh buat, korbannya adalah rekan sendiri di Movistar Yamaha, yakni Jorge Lorenzo yang biasanya main apik di Jerez. Namun kali ini Lorenzo  hanya sampai di posisi 4. The Doctor memang kalah jauh dari Marc Marquez, tapi penampilannya bersama M1 secara keseluruhan mengalit dengan sasis baru M1-nya.

Seperti ia bilang jauh hari, motor sudah ‘kepegang’, pengereman yang jadi penyakit lama pun sudah disembuhkan. Tinggal masalah kualitas ban dan akselerasi karena SSG milik mereka kalah jam terbang dengan SSG Honda yang sudah dikembangkan sejak 2011. Yamaha sendiri baru tahun lalu ikutan main SSG untuk menganggulangi perpindah reduksi yang kasar. Maksudnya saat pindah gigi pada kecepatanm tinggi dengan rpm yang teriak, motor tetep mulus meluncur.

Di layar televisi kelihatan di awal balapan, bagaimana akselerasi MM memang lebih deras keluar dari tikungan. Bisa mendekat saat memasuki tikungan, tapi begitu keluar RCV ngacir.  “Kondisi trek pun payah benar, roda banyak spin di beberapa tempat. Memang ambil risiko dengan memilih ban depan berkompon extra hard. Saya hanya berani tambah kecepatan di area yang tidak menimbulkan sliding. Toh, saya bahagia bisa kembali podium di trek favorit ini. Terakhir podium di sini pada musim 2010,” ujar Rossi yang berarti dalam penantian 4 tahun.

Meski mengalahkan DP dan JL yang pahlawan tuan rumah, Rossi tetap disambut hangat penonton tuan rumah. Standing aplaus diberikan saat ia jejaki garis finish runner-up. Itu bukti Rossi masih terhormat di Jerez, dan ia masihlah seorangThe Doctor. Maka dari empat ronde, ia naik podium dua kali. Jika masih kompetitif pada GP Prancis dan Italia mendatang, maka itulah saatnya The Doctor bilang tak jadi pensiun.  

Bukankah begitu Doc? Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Jerez, Spanyol, Semua Sesi & Kelas, 2, 3 – 4 Mei 2014

Klasemen MotoGP 2014, Moto2 2014, Moto3 2014

MotoGP 2014 Jerez (Race): Pedrosa Langsung Fight Lawan Marquez Di Test Jerez

MotoGP 2014 Jerez Spanyol (Race): Marquez Bilang Cepat Atau Lambat Akan Kalah, Kagum Pada Rossi

MotoGP 2014 Jerez Spanyol (Race); Marquez Juaranya, Rossi Ke-2..!

MotoGP 2014 Jerez Spanyol; Lorenzo Tercepat Warm-Up, Marquez Dan Rossi Konsisten

BAGIKAN