nhk

MotoGP 2014: Kelebihan BBM Dan Bobot Badan, Bikin Aleix Sulit Menyalib

ManiakMotor – Selalu tercepat di sesi latihan membuktikan pacuan Aleix Espargaro(NGM Forward Yamaha FTR) memang mantap. Tapi, ceritanya beda saat balapan. Biasalah tetap saja akan kesulitan menantang pabrikan.

Start berada di baris ketiga dari grid 9, pasokan bahan bakar Open Class (OC) yang 24 liter ternyata berdampak negatif. Ia sangat sulit mendahului pembalap lain, khususnya anak-anak Ducati. Yamaha FTR milik Aleix keberatan akselerasi. Mesinnya teriak-teriak menarik Aleix yang juga termasuk beban, karena berat badannya 69 kg, termasuk gambot dibanding petarung lain.

Ditambah pula dari pengamatan langsung sih, tetap saja beda dengan motor-motor pabrikan. Yamaha FTR dipacu Aleix seperti tak pernah diam pada racing line. Aleix sering mengoreksi motornya. Ya, bandingkan saja dengan M1 milik Valentino Rossi, RC213V Marc Marquez dan Dani Pedrosa yang begitu antengnya sepanjang lomba.

Bahwa kemudian ia finish ke-4, tak lain rontoknya sejumlah pembalap di depannya macam Jorge Lorenzo, Stefan Bradl, Alvaro Bautista, dan Bradley Smith. “Urutan 4 di seri pembuka layak disyukuri. Posisi start dari baris tiga sungguh tak mudah. Saya tak bisa menerapkan strategi yang dirancang karena sulitnya menyusul pmbalap lain,” ujar Aleix yang menghancurkan dua unit motor di sesi kualifikasi akibat kecelakaan.

Pacuan itu memang bisa diperbaiki untuk balapan, namun kondisinya pun tak lagi seapik sebelumnya. Setidaknya kini Aleix bisa mengulur motornya dan dirinya dari ronde pertama ini, bahwa test dan latihan beda dengan balapan. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014: SSG Tech3 Bikin Gemas Pembalapnya, Keduanya Jumpalitan

Moto2 2014 Qatar: Nakagami Didiskualifikasi, Gara-Gara Filter Udara

MotoGP 2014: Lorenzo Akui Bikin Salah Di Qatar, Ban Belum Panas

MotoGP 2014: Marquez Ketagihan Melawan Rossi

 

BAGIKAN